4 Alasan Orang Bekerja di Batam

4 Alasan Orang Bekerja di Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Batam sebagai kota industri sangat diminati oleh para pencari kerja.  Mereka memilih bekerja di  Batam dibandingkan ke daerah lain.

Menurut pengalaman mereka yang pernah bekerja di Batam, mereka sangat tertarik dengan gaji di Batam. Selain gaji, seperti yang tertulis di berbagai sumber dari internet, berikut adalah alasan mereka memilih bekerja di Batam :

1. Gaji

Jika dilihat dari upah minimum,  upah di Batam sebenarnya bukan yang tertinggi. Upah minimum di Batam tahun 2018 adalah 3,5 juta rupiah, sedang di Jakarta malah 3,6 juta rupiah.

Tetapi, untuk pekerja dengan kriteria tertentu, gaji di Batam memang tinggi. Seperti diceritakan seorang pekerja di Batam yang juga pernah bekerja di Jakarta melalui blog pribadinya, Pekerja yang lulus dari universitas ternama di pulau Jawa, memiliki keahlian khusus dan memiliki pengalaman pekerjaan yang cukup berpeluang mendapatkan gaji tinggi di Batam.

Menurutnya, gaji fresh graduate di Batam lebih tinggi dari Jakarta. Ia mencontohkan dirinya sendiri ketika masih fresh graduate dari perguruan tinghi dan bekerja di Jakarta, gajinya lebih rendah dari gaji pekerja lulusan SMA di Batam.

2. Peluang

Sebuah media menyebutkan, banyaknya peluang kerja yang diciptakan industri, ditambah tingginya nilai upah minimum kota menjadi daya tarik pencari kerja datang ke Batam. Jika ada 1.000 orang penganggur yang tersalurkan bekerja di Batam hari ini, maka kemungkinan esoknya datang lagi 1.000 orang pencari kerja baru, ceritanya, karena pergerakan di kota itu begitu dinamis.

3. Kemacetan

Kemacetan ada di mana-mana, termasuk di Batam. Meskipun demikian, Batam tak semacet di Jakarta. 

Terlalu banyak menghabiskan waktu di perjalanan lama-lama akan melelahkan dan membosankan. Berdasarkan pengalaman orang yang pernah bekerja di Batam dan di Jakarta, waktu tempuh ke tempat bekerja di Batam lebih singkat dibandingkan di Jakarta.

4. Mudah ke Luar Negeri

Letak Batam dekat dengan negara Singapura dan Malaysia. Hal ini menjadi salah satu daya tarik untuk bekerja di Batam.

Jalan-jalan ke Singapura memang paling mudah dan paling murah jika dilakukan dari Batam. Lama perjalanan hanya sejam naik kapal feri, biayanya juga hanya 350 an ribu.

(deb)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews