Sedikitnya 10 Demonstran Tewas dalam Aksi Penolakan Perubahan Sistem Jaminan Sosial di Nikaragua

Sedikitnya 10 Demonstran Tewas dalam Aksi Penolakan Perubahan Sistem Jaminan Sosial di Nikaragua

Suasana demonstrasi di Nikaragua (cnn)

BATAMNEWS.CO.ID, Nikaragua - Sedikitnya 10 demonstran tewas dalam demonstrasi yang berlangsung ricuh di Nikaragua. Demo tersebut memprotes rencana adanya kebijakan baru tentang sistem jaminan sosial.

Demo yang berlangsung sejak Rabu lalu ini diwarnai aksi pelemparan batu dan tembakan senjata api oleh demonstran. Aparat membalasnya dengan gas air mata dan peluru karet.

Pemerintah setempat menyetujui perubahan jaminan sosial pada Rabu lalu dalam upaya untuk menghentikan defisit yang kian membesar dalam sistem jaminan sosial. Perubahan ini akan menambah kontribusi pengusaha dan pekerja ke dalam sistem jaminan sosial namun mengurangi jumlah uang  pensiun yang akan diterima oleh pekerja setelah  pensiun.

"Perwakilan kami siap untuk kembali ke meja diskusi," kata Presiden Nikaragua Daniel Ortega, malam Jumat lalu kepada para demonstran.

Ortega mengatakan pemerintah terbuka untuk menyesuaikan, mereformasi, atau bahkan membuat keputusan baru jika perlu. Yang paling penting, katanya, adalah mencapai kesepakatan baru itu dengan konsensus.

Demonstran terdiri dari pensiunan dan pelajar. Deminstrasi ink tidak hanya dilakukan di Managua saja namun dilaporkan juga terjadi di tempat lain di luar ibu kota.
 

(deb)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews