28 Tahun Hilang Kontak di Arab Saudi, Nenek Qibtiyah Ditemukan KBRI

28 Tahun Hilang Kontak di Arab Saudi, Nenek Qibtiyah Ditemukan KBRI

Nenek Qibtiyah 28 tahun hilang kontak dengan keluarga selama bekerja di Arab Saudi. (Foto: Liputan6.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - KBRI Arab Saudi berhasil menyelamatkan seorang nenek usia 74 tahun yang putus kontak dengan keluarga di Indonesia selama 28 tahun.

WNI bernama Jumanti binti Bejo Bin Nur Hadi alias Qibtiyah Jumanah datang pertama kali ke Arab Saudi pada 14 Agustus 1990. Warga Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, Bondowoso, ini sekarang berada di Rumah Singgah KBRI Riyadh dan dalam proses pemulangan ke Indonesia.

Sebagaimana yang pernah viral di media sosial pada 9 Maret 2018 mengenai seorang WNI yang bekerja di Arab Saudi selama 40 tahun dan tidak pernah ada komunikasi dengan keluarga di Indonesia, KBRI Arab Saudi langsung merespons dan melakukan pengecekan database.

Namun nama yang bersangkutan tidak ditemukan. Hal ini dipastikan karena sejak datang ke Arab Saudi, Nenek Qibtiyah tidak pernah mengajukan perpanjangan paspor sehingga iqomah (izin tinggal di Arab Saudi) tidak terdeteksi.

Pelacakan dilakukan KBRI dengan menghubungi majikan (kafil) dan saudara-saudaranya untuk mencari titik terang keberadaan Nenek Qibtiyah. KBRI pun menemukan data bahwa Qibtiyah bekerja di rumah Nourah Mohammed al-Daerim di kota Riyadh. (*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews