BWS Sumatera IV Segera Bangun Jaringan Irigasi Sawah Bukit Langkap

BWS Sumatera IV Segera Bangun Jaringan Irigasi Sawah Bukit Langkap

BWSS IV ketika melakukan sosialisasi dihadapan warga Desa Bukit Langkap (Foto:Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (Kemen-PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV, segera membangun jaringan irigasi di percetakan sawah yang ada di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

BWS Sumatera IV melalui PPK Irigasi dan Rawa, Eris Hendrabuana menjelaskan, pekerjaan jaringan irigasi sawah Bukit Langkap tahun anggaran (TA) 2018 ini, merupakan pekerjaan irigasi pertama yang dilaksanakan BWSS IV Kementerian PUPR.

"Sedangkan untuk TA 2019, dilanjutkan dengan pekerjaan jaringan irigasi Bukit Langkap lanjutan dan pekerjaan irigasi Desa Kerandin," ujar Eris ketika melakukan sosialisasi dihadapan warga Desa Bukit Langkap, Rabu (28/3/2018) kemarin.

Dia mengungkapkan, pihaknya juga meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, memprioritaskan penyelesaian cetak sawah di Daerah Irigasi Bukit Langkap tuntas 349 Ha pada Tahun Anggaran 2018.

"Bukit Langkap ini merupakan Kawasan Sentral Pertanian, diprioritaskan selesai pada tahun 2019. Kami mengharapkan agar program Nawacita ini mendapat dukungan dari semua pihak," kata dia.

Diketahui, adapun pagu anggaran untuk pekerjaan fisik jaringan irigasi yang akan dibangun di Desa Bukit Langkap pada tahun 2018 ini, senilai Rp 7.674.767.000 melalui anggaran APBN 2018.

Adapun jaringan irigasi yang akan dibangun nantinya yakni, normalisasi sungai dan pembangunan box culvert untuk mencegah terjadi nya banjir. Selanjutnya, pekerjaan saluran primer, sekunder, dan tersier untuk mengairi areal sawah dan calon sawah dengan mempertimbangkan perubahan kondisi lingkungan daerah irigasi.

Kemudian, pembangunan bangunan pengatur muka air beserta pintu guna melayani kebutuhan air untuk semua petak sawah dan calon petak sawah.

Pembangunan tersebut, juga dilakukan menindaklanjuti hasil kunjungan Kepala BWS Sumatera IV, Dr. Ismail Widadi, M.Sc., Phd, bersama Wakil Bupati Lingga M. Nizar. M.Sos, ke daerah irigasi Bukit Langkap pada Oktober 2017 lalu.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews