CoderJs, Komunitas Javascript Developer Pertama di Batam

CoderJs, Komunitas Javascript Developer Pertama di Batam

Anggota komunitas CodersJs. (foto: yud/batamnews)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Di Batam sudah terbentuk komunitas yang akan berbagi ilmunya untuk para developer Javascript yang ingin belajar lebih dalam lagi mengenai Javascript, yaitu CodersJs.

Javascript itu sendiri adalah salah satu bahasa program utama untuk penyusun pembuatan website. Peran dari Javascript ini adalah untuk memberi solusi, atau memberi kegunaan kepada website tersebut. Agar website tersebut bisa kita gunakan.

“Misalnya, bayangkan anda memiliki website, ada tulisannya, habis tu ada tombol. Pada saat tombol tersebut diklik, website tersebut memunculkan tulisan lain atau saat kita klik, kita ke halaman yang lain, dan itu membutuhkan Javascript. Jadi kita butuh bahasa pemrograman Javascript, untuk memberi kegunaan fungsionalitas pada website kita,” ujar Co.Founder Impactbyte, M Haidar Hanif yang juga salah satu pendiri CoderJs kepada Batamnews, Setelah memberikan materi kepada member komunitas Coders di kantor Ruang Kreasi, Batam Center, Batam, Minggu (5/3/2018).

Komunitas ini sendiri baru pertama ada di Batam, dan baru satu bulan yang lalu dibentuk. CTO Founder Ruang Kerasi dan salah satu pendiri CoderJs, Amirul Fatta mengatakan, tujuan dari dibentuknya komunitas ini adalah untuk memperkenalkan Javascript kepada genari baru secara rutin.

“Nantinya kita juga bakalan ngundang pembicara-pembicara profesional Javasript developer lokal maupun nasional, membuat workshop singkat dan melakukan meetup dengan hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan Javascript,” kata dia.

Komunitas ini juga menerima member yang sama sekali belum mengerti, tetapi mau belajar.

“Belum sama sekali pun bisa, cuman nanti di internalnya sendiri juga kita filter. Bagi yang expert materinya seperti apa, yang beginer seperti apa. Untuk update, yang punya basic programing kita bimbing jadi programing profesional,” paparnya.

Untuk membernya di Batam, saat ini sudah mencapai ratusan member yang ikut serta. ”Membernya itu kalau yang datang tadi sekitar 60-an, kalau di medsos baru seratusan,” lanjut Amir.

Dia berharap, programmer itu mengalami regenerasi. Jadi bukan hanya orang-orang itu saja yang berkecimpung di sana.

“Kita pengen programmer itu ada regenerasi, nggak ketemunya bukan orang-orang itu aja. Di dunia juga sebenarnya lagi kekurangan,” ungkapnya.

CTO Properio CoderJs, Joko Auditis yang juga salah satu pendiri menambahkan, target awal dari berdirinya CoderJs ini adalah untuk menghubungkan seluruh komunitas Javascript developer indonesia.

“Itu target pertama kita, agar seluruh Indonesia terhubung,” kata dia. 

(yud)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews