Diduga Akibat Lahan Terbakar, Warga Bintan Banyak Terserang ISPA,

Diduga Akibat Lahan Terbakar, Warga Bintan Banyak Terserang ISPA,

Warga terserang ISPA (Foto: Antara)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Akhir-akhir ini warga di Kabupaten Bintan kerap diserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

Mulai dari usia anak-anak, orang dewasa sampai lanjut usia (lansia) telah memenuhi ruangan di puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan, Kijang.

Kepala Dinas Kesehatah (Dinkes) Bintan, dr Gamma Isnaini mengatakan pasien penderita Ispa menjadi kunjungan tertinggi di pelayanan puskesmas sampai rumah sakit. Itu disebabkan banyaknya kebakaran hutan dan lahan serta iklim kemarau yang kini terjadi.

"Kondisi inilah yang harus diwaspadai. Sebab sangat rawan dengan Ispa. Selain itu, kunjungan tertinggi di pelayanan kesehatan juga disumbangkan oleh penyakit infeksi lainnya seperti diare," ujar dr Gamma, Rabu (21/2/2018).

Direktur RSUD Bintan, dr Benny Antomi mengatakan jumlah pasien penderita Ispa di rumah sakit tdak mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya alias masih sama. Bahkan kunjungan pasien penyakit ini tidak terlalu lama berada di sini atau tidak sampai inap.

"Dari hasil diagnosa tim medis, Januari-Februari ini penderita Ispa hanya berkisaran 20-30 orang saja," katanya.

Namun tidak menutup kemungkinan penderita Ispa yang berobat di puskesmas mengalami kenaikan. Sebab penyakit ini tidak terlalu berbahaya dan sangat cepat disembuhkan. Sehingga penderita lebih memilih memeriksakan diri di puskesmas dibandingkan di rumah sakit.

"Hanya sebagian saja yang periksa di RSUD Bintan. Sedangkan lainnya di puskesmas, tapi kami tak memiliki data jumlah pasiennya," ucapnya. 

(ary)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews