Jet Tempur Israel Ditembak Jatuh, Hancurkan Mitos Tak Terkalahkan

 Jet Tempur Israel Ditembak Jatuh, Hancurkan Mitos Tak Terkalahkan

Pesawat F-16 Israel yang ditembak jatuh di wilayah udara Suriah. (foto: ist/youtube)

BATAMNEWS.CO.ID, Munich - Jatuhnya jet tempur Israel setelah mengebom sebuah situs Iran di Suriah menghancurkan mitos tak terkalahkan angkatan udara Israel. 

"Israel menggunakan agresi sebagai kebijakan terhadap tetangganya," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran, Jazad Zarif. 

Ia menuduh Israel melakukan pembalasan massal terhadap tetangganya dan serangan sehari-hari ke Suriah dan Lebanon.

"Begitu orang-orang Suriah memiliki nyali untuk menembak jatuh salah satu pesawatnya, seolah-olah ada bencana yang terjadi," sambungnya seperti dikutip dari Reuters, Senin (19/2/2018).

Dia menanggapi pidato Benjamin Netanyahu sebelumnya. Saat itu perdana menteri Israel memegang potongan bagian sebuah pesawat tak berawak milik Iran. Netanyahu menuduh Iran mencoba memaksakan sebuah "kerajaan" di Timur Tengah.

"Apa yang telah terjadi dalam beberapa hari terakhir adalah apa yang disebut Israel tak terkalahkan telah runtuh," kata Zarif tentang ucapan Netanyahu, menyusul serangan jet F-16 Israel pada 10 Februari.

Netanyahu juga mengatakan kepada forum tersebut: "Kami akan bertindak jika diperlukan. Tidak hanya melawan proxy Iran, tapi juga terhadap Iran sendiri." 

Dalam sebuah wawancara dengan NBC News di sela-sela forum tersebut, Zarif menjawab, "Nah, jika mereka mencoba menerapkan ancaman itu, mereka akan melihat jawabannya."

David Ivry, mantan kepala Angkatan Udara Israel, mengatakan awal bulan ini bahwa ia yakin ini adalah pertama kalinya F-16 Israel ditembak jatuh sejak Israel mulai menggunakan jet tersebut pada tahun 1980-an.

Senjata anti-pesawat Suriah menembak jet tersebut saat kembali dari serangan bom terhadap posisi yang didukung Iran di Suriah.

Jet tersebut adalah satu dari sekurangnya delapan pesawat Israel yang dikirim sehubungan dengan apa yang Israel katakan sebagai serangan pesawat tak berawak Iran ke wilayah udaranya sebelumnya pada hari itu.

Jet tersebut diberondong rudal anti-pesawat Suriah dan jatuh di Israel utara, menurut seorang pejabat Israel.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews