Erdogan Minta AS Berhenti Pura-pura Melawan ISIS

Erdogan Minta AS Berhenti Pura-pura Melawan ISIS

Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Ankara - Presiden Turki, Tayyip Erdogan mendesak Amerika Serikat (AS) untuk berhenti bermain peran dengan berpura-pura melawan ISIS. Menurut Erdogan, perang melawan ISIS hanyalah alasan AS untuk bisa memberikan bantuan kepada milisi Kurdi Suriah, YPG, dan PYD. 

Erdogan, yang berbicara di depan anggota Partai AK menuturkan, rencana AS meningkatkan bantuan terhadap milisi Kurdi Suriah menggambarkan bahwa apa yang dilakukan oleh AS akan menimbulkan ancaman serius terhadap Turki.

"Kami memiliki perbatasan sepanjang 911 kilometer dengan Suriah, apakah hubungan mereka (AS) dengan perbatasan Suriah? Mereka telah menghabiskan 550 juta dolar untuk membantu YPG, tapi sekarang mereka ingin meningkatkan angka ini menjadi tiga miliar," ucap Erdogan, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (13/2). 

"Anda berkata bahwa Anda berperang melawan ISIS, berapa banyak anggota ISIS yang Anda hancurkan? Mereka yang berperang melawan ISIS sekarang berperang melawan Turki. Tidak ada yang punya hak untuk menggunakan ISIS sebagai alasan. Inilah saatnya untuk menyelesaikan teater ini dengan ISIS, ini waktunya untuk membuka topeng Anda," tukasnya.

Dia kemudian menyatakan bahwa sebuah keputusan oleh AS untuk terus membiayai milisi YPG Kurdi Suriah akan mempengaruhi keputusan Turki di Suriah dan menambahkan bahwa sebagai anggota NATO, Turki dan AS setara.

"Jika Anda mengatakan bahwa YPG bukanlah organisasi teroris, menurut pendapat kami jika Anda menyerang sekutu NATO, Anda harus melawannya sebagai anggota NATO. AS ingin kita menyerah kepada teroris," tukasnya.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews