Polwan Cantik Bripda Rina Uli, Dilirik Pengendara Hingga Hampir Kecelakaan

Polwan Cantik Bripda Rina Uli, Dilirik Pengendara Hingga Hampir Kecelakaan

Bripda Rina Uli. (foto: ruz/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Pagi itu, cuaca cukup bersahabat. Terik panas matahari pun tak begitu menyengat. Arus lalu lintas jalan di Kota Dabo, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau pun cukup lengang.

Terlihat, anak- anak berseragam putih merah, putih biru dan putih abu-abu serta sejumlah ibu rumah tangga melintasi jalanan aspal di tengah bangunan yang begitu rapat.

Bapak-bapak berpakaian rapi, berbaju dinas dan para buruh juga melaju dengan kendaraan roda dua serta roda empatnya untuk menjalankan aktivitas masing-masing.

Suara bising dari knalpot kendaraan pun menandakan bahwa aktivitas hari ini sudah dimulai kembali.

Dari kejauhan, di perempatan jalan pusat Kota Dabo, terlihat seorang gadis cantik berseragam polisi sedang serius dan sibuk mengatur lalu lintas.

Dengan wajah yang ramah dan senyum yang memikat, gadis cantik yang merupakan seorang Polwan itu terus mengatur lalu lintas agar nyaman dilalui pengendara.

Bripda Rina Uli, itu lah nama gadis itu. Gadis yang baru berusia 21 tahun berasal dari Kota Tanjungpinang tersebut ternyata sudah 3 tahun bertugas di Polres Lingga.

Sebelum menjadi anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Rina terlebih dulu bertugas di Reskrim Unit PPA Polsek Singkep Barat.

"Saya sudah 3 tahun jadi Polwan, penempatan pertama saya langsung di Lingga," kata dia ketika diajak berbincang oleh Batamnews.co.id, Selasa (13/2/2018).

Dia mengaku, dalam melakukan tugas sebagai pengatur lalu lintas, beberapa hal menjengkelkan pernah ia alami.

Terkadang, ketika mengatur lalu lintas, banyaknya pengendara yang tidak patuh dalam berkendara menjadi salah satunya.

"Saat kita lagi mengatur lalu lintas, ada pengendara yang gak patuh, yang kita takutkan ya kalau terjadi kecelakaan," ujar dia.

Meskipun hujan deras, kalau sudah tugas, bagaimana pun caranya harus tetap dikerjakan. Bukan berteduh, dengan mantel khusus untuk petugas Satlantas, Rina tetap siap siaga melakukan tugasnya.

"Kalau kejadian unik, menurut saya ketika saya mengatur lalu lintas ada pengendara yang mengucapkan selamat pagi dan tersenyum sama saya, tapi itu membuat saya khawatir karena pandangan pengendara tertuju sama saya bukan sama jalan, dan pengendara itu baru fokus setelah saya ucapkan kembali selamat pagi dan tersenyum sama dia. Bahkan, ada yang hampir kecelakaan karena kejadian itu," kata dia sambil tersenyum.

Rina mengaku, selama menjadi anggota Satlantas, bertugas di jalanan yang dilintasi orang berbagai usia, belum pernah merasakan dirayu para pengendara.

"Kalau ngegombal gak pernah, soalnya pada takut. Katanya ibu Polwan garang," ucap Rina tertawa.

Meskipun jauh dari kedua orang tuanya, Rina tetap semangat melalukan tugas yang telah diberikan.

Terbesit di pikirannya untuk dekat dengan orang tua, karena kondisi keduanya yang sudah tidak muda lagi. Tapi, ia tak mampu berbuat banyak. Karena tugasnya memang sudah di Lingga.

"Pernah dong, biar bisa jagain orng tua, apalagi orng tua sudah mulai berumur. Kalau untuk pindah ke Polres Tanjungpinang ada keinginan, pertama untuk lebih dekat dengan orang tua, dan untuk melanjutkan sekolah (kuliah)," kata dia berharap.

Anak ketiga dari tujuh bersaudara ini mengaku, dalam menjalankan tugas, yang ia inginkan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas,  serta berkurangnya angka kecelakaan lalu lintas.

"Saya mengatur lalu lintas dari jam 6:50 WIB hingga jam setengah 8.00 WIB, karena jam segitu banyak anak sekolah sama pekerja.  Dilanjutkan siang, pada saat anak sekolah pulang," ujarnya.

Dia mengimbau, dalam berlalu lintas, pengendara agar dapat selalu berhati-hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, serta melengkapi kelengkapan kendaraan bermotor R2 dengan menggunakan helm SNI, untuk R4 selalu gunakan safety belt pada saat mengemudi.

"Untuk administrasi, jangan lupa untuk dilengkapi. Stop pelanggaran, Stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan," tegasnya.

(Ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews