Supermoon Bikin 7 Kecamatan di Bintan Dilanda Banjir Rob

Supermoon Bikin 7 Kecamatan di Bintan Dilanda Banjir Rob

Banjir rob di sebuah kecamatan di Bintan (Foto: Harry/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Dampak puncak pasang air laut dari fenomena alam supermoon membuat beberapa wilayah di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, dilanda banjir rob. Diantaranya Kecamatan Bintan Utara, Seri Kuala Lobam, Teluk Bintan, Mantang, Teluk Sebong, Gunung Kijang dan Bintan Timur.

Tinggi banjir ini mencapai lutut orang dewasa. Sehingga banyak rumah warga terendam bahkan beberapa pertokoan terpaksa ditutup untuk sementara waktu.

"Meskipun banjir tetapi tak begitu parah. Sebab kondisi cuaca saat ini tidak hujan," ujar salah seorang Tim Siaga Bencana (Tagana) Bintan, Minggu (4/2/2018).

Hanya beberapa titik di 7 kecamatan yang dilanda banjir rob itu. Terutama desa atau perkampungan yang berlokasi dekat dengan laut. Kemudian juga ada beberapa jalan raya serta Jalur Lintas Barat yang tenggelam.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam banjir tersebut. Namun warga banyak yang dirugikan karena barang-barang mereka rusak dan cepat berkarat akibat air asin itu.

"Jangankan desa dan perkampungan. Jalur Lintas Barat saja tenggelam akibat naiknya air laut itu. Jadi bagi pengendara yang melintasi jalur itu segera membersihkan kendaraannya kalau tidak cepat rusak dan berkarat," katanya.

Camat Bintan Utara, Azwar membenarkan, beberapa wilayahnya dilanda banjir rob. Diantaranya Pasar Lama, Kampung Mentigi Laut, Pertamina, Kampung Ulu Riau, Pasar Baru, Kampung Kamboja dan Cendrawasih serta Jalan RE Martadinata dan Merdeka di Tanjunguban Kota.

"Kami belum dapat mengindentifikasi berapa rumah warga yang terkena banjir tersebut. Karena belum ada laporan yang masuk," ucapnya. 

(ary)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews