Heboh Suara Dentuman Misterius di Bintan, BMKG: Itu Bukan Fenomena Alam

Heboh Suara Dentuman Misterius di Bintan, BMKG: Itu Bukan Fenomena Alam

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, BINTAN - Warga dua desa yang berada di wilayah pesisir Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan digemparkan dengan suara dentuman misterius yang terjadi sebanyak dua kali. 

Kedua desa itu adalah Desa Sebong Pereh dan Sebong Lagoi. Meskipun dentuman itu tak membuat bangunan di sekitaran kedua desa itu rusak namun getarannya seperti gempa bumi.

"Iya memang ada suara dentuman yang dahsyat. Tapi suara itu masih misterius karena belum diketahui asal usulnya," ujar salah satu nelayan Bintan, Aan ketika dikonfirmasi, Selasa (30/1/2018).

Baca juga:

10 Suara Misterius yang Tak Terpecahkan di Dunia, Ini Videonya

 

Dentuman itu seperti bom meledak. Untuk yang pertama itu terjadi pada pekan lalu tepatnya di siang hari. Begitu juga dengan dentuman kedua yang terjadi semalam, Senin (29/1/2018) siang hari.

Dampak dari dentuman itu seperti gempa bumi. Semua daratan seperti bergoyang, namun ada bangunan maupun korban jiwa dalam kejadian ini.

"Dentuman kedua lebih kuat. Padahal cuaca cerah dan panas. Kami jadi takut, apakah ini fenomena alam atau ada bahan nuklir yang meledak," katanya.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Ardito membenarkan adanya suara dentuman keras yang terjadi di Bintan. Namun suara tersebut bukan ditimbulkan dari gempa bumi maupun petir.

"Kami belum dapat mendeteksi itu sebagai fenomena alam," sebutnya.

Dalam bulan ini, dentuman tersebut sudah terjadi sebanyak dua kali. Lokasinya sama yaitu Desa Sebong Pereh dan Desa Sebong Lagoi. 

Tetapi alat deteksi getaran-getaran seismik yang dimiliki BMKG tidak ada mencatat getaran akibat dentuman tersebut. Sehingga dapat dipastikan, bahwa dentuman itu dari hasil perbuatan manusia.

"Seperti apa jelasnya, kami belum dapat pastikan," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews