Hal Inilah yang Memicu Smartphone Meledak

Hal Inilah yang Memicu Smartphone Meledak

Ilustrasi smartphone meledak dan terbakar. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID - Kejadian smartphone meledak sudah sering terjadi. Hal itu bisa saja disebabkan sesuatu yang bertentangan dengan produknya oleh pengguna.

Bila masih menjadi pertanyaan, mengapa handphone bisa sampai meledak? Sejumlah ahli mengatakan ada 3 alasan utama penyebab handphone meledak:

Pertama: Kondisi baterai yang digunakan telah rusak atau cacat. Meskipun dilakukan pengisian daya, seolah-olah terisi. Hal ini bisa menyebabkan hubungan pendek. Namun kecil kemungkinan, kecualai handphone tersebut telah dimodifikasi.

Kedua: Melakukan pengisian yang tidak benar (menggunakan charger tidak semestinya). Ini sering terjadi dan mengakibatkan menganggu kinerja baterai.

Ketiga: Membiarkan ponsel yang sudah terisi penuh tetap dalam keadaan mengisi, sehingga terjadi overheating pada baterai. Hal ini sangat memungkinkan terjadi ledakan.

Sebaiknya yang harus dihindari:

- Jangan menggunakan handphone saat melakukan pengisian baterai. Untuk lebih amannya cabut dulu, baru menerima panggilan atau menggunakan fungsi lainnya.

- Memastikan tidak over-charged saat melakukan pengisian. Bisa indikator sudah menunjukkan 100% terisi, maka cabut kabel pengisian.

- Jika kondisi baterai sudah berubah bentuk alias membengkak, cepat lakukan penggantian baterai.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews