13 Santri Dilarikan Ke RSUD Bintan, Diduga Karena Keracunan Makanan

13 Santri Dilarikan Ke RSUD Bintan, Diduga Karena Keracunan Makanan

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Sebanyak 13 santri Kabupaten Bintan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan, Kijang, Selasa (9/1/2017) malam. 

Informasi di lapangan, para santri yang terdiri dari 12 cewek dan 1 cowok itu tinggal di asrama milik salah satu anggota DPRD Kepri yang berlokasi di Perumnas Kampung Lengkuas, Kecamatan Bintan Timur.

Namun, tanpa sebab mereka diserang gejala mual, nyeri perut, muntah, demam dan pusing.

"Iya ada 13 orang yang dilarikan ke rumah sakit. Tapi 6 orang sudah diizinkan pulang sedangkan 7 orang lagi dalam penanganan medis," ujar salah satu petugas rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gamma Esnaini membenarkan jika 13 santri mendapatkan penanganan medis di RSUD Bintan. Mereka diserang sakit dengan gejala mual dan nyeri perut. Terus ada yang muntah, demam dan pusing juga. 

"Istilah medisnya mereka diserang gastroenteritis," katanya.

Penanganan yang diberikan pihak medis kepada para penderita yaitu dengan memberikan terapi dan perawatan yang dibutuhkan. Sehingga sebagian dari mereka sudah di perkenankan pulang.

Namun untuk penyebabnya masih ditelusuri. Dugaan sementara tertular temannya yang sakit serupa tapi untuk  kemungkinan lain masih menunggu pemeriksaan yang lain. Seperti mengambil sampel air dan makanan yang berpotensi menyababkan sakit tersebut.

"Sampel makanan dan minuman sudah diambil dan dikirim ke laboratorium di Batam," jelasnya.

Ketika ditanya apakah makanan dan minuman itu berasal dari kateringan? dr Gamma mengaku tidak tahu makanan dan minuman dari katering siapa. Karena belum jelas penyebab pastinya. Apakah dari air minum, makanan atau jajanan di luar.

"Penyebabnya belum dapat kami simpulkan. Jadi tunggu hasil dari laboratorium aja," ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews