Buruh Digantikan Robot, Kadin: Kita Masuk Era Robotic, tapi...

Buruh Digantikan Robot, Kadin: Kita Masuk Era Robotic, tapi...

Ketum Kadin Rosan P Roeslan (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kemajuan Teknologi akan membuat tenaga kerja manusia digantikan dengan mesin, masa transisi ini akan mulai dirasakan terutama untuk industri manufaktur. 

Ketua Umum Kamar Dagang (Kadin) Indonesia, Ruslan P Roeslami tidak menampik hal tersebut, proses perubahan tenaga kerja manusia yang digantikan dengan mesin akan mulai diadaptasi oleh para pengusaha. 

"Kalau dari segi produktivitas, penggunaan mesin memang lebih meningkatkan produksi, tentunya kita akan memasuki era Robotic dimana tenaga kerja manusia akan digantikan oleh mesin," ujar Ruslan kepada wartawan usat rapat dewan pertimbangan pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia  di Radisson Hotel, Rabu (13/12/2017). 

Dalam Rapimnas Kadin Indonesia juga nantinya akan membahas peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memajukan perekonomian Indonesia yang berkeadilan, sesuai dengan tema Rapimnas Kadin Indonesia. 

"Kita akan bahas bagaimana kemampuan SDM tetap ditingkatkan, apalagi dengan ada era Robotic saat ini, usulan pembahasan tersebut juga akan masuk dalam Rapimnas Kadin," kata Ruslan. 

Ruslan mengatakan jika di Industri Manufaktur tenaga kerja manusia akan berkurang tetapi untuk industri bidang lain dapat menambah lapangan kerja, seperti saat ini industri e-commerce (perdagangan elektronik). 

"Contohnya e-commerce yang saat ini sedang berkembang, justru menambah lapangan kerja di jasa pengiriman," kata dia. 

Selain itu juga tidak semua industri menggunakan tenaga mesin, seperti industri pariwisata tidak akan menggunakan mesin, dalam pelaksanaannya industri pariwisata masih memerlukan sentuhan manusia. Ia mencontohkan pemandu wisata tidak mungkin akan digantikan dengan mesin. 

"Bisa dibayangkan kalau ada pemandu wisatanya berwujud robot, tentu tidak akan luwes untuk kemana-mana, dan juga masih ada beberapa industri lain yang masih sangat memerlukan manusia," jelasnya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews