Kapal Sembako Tenggelam Dihantam Ombak, Nakhoda dan ABK Selamat

Kapal Sembako Tenggelam Dihantam Ombak, Nakhoda dan ABK Selamat

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - KLM Berdikari berbobot 132 GT yang mengangkut muatan sembako dari Kota Tanjungpinang menuju Tarempa, Kabupaten Anambas tenggelam dihantam ombak di Perairan Pulau Marapas, Kecamatan Mantang, Jumat (8/12/2017) sekitar pukul 22.30 WIB.

Beruntung dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Namun seluruh muatan kapal yang berisi kebutuhan pokok tak dapat diselamatkan. Ditaksir kerugian mencapai Rp 1,5 miliar.

Kepala SAR Tanjungpinang, Budi Cahyadi mengatakan insiden itu diketahuinya sekitar pukul 22.48 WIB. Lalu, dirinya mengerahkan KN SAR Bhisma untuk melaksanakan pencarian korban kapal tenggelam tersebut.

"Sekitar pukul 24.00 WIB kami lakukan pencarian di lokasi kapal tenggelam. Yaitu perairan Pulau Marapas," ujarnya, Sabtu (9/12/2017).

Beberapa jam melakukan pencarian, akharinya Sabtu (9/12/2017) sekitar pukul 07.00 WIB keenam korban berhasil ditemukan. Diantaranya Ledi (46) yang merupakan nakhoda kapal, Ramli (29) kepala kamar mesin, dan empat ABK Kapal yaitu Irwan (41), Amran (56), Suparman (40), dan Andi (52).

Seluruh korban berhasil di evakuasi ke Dermaga Pelni, Sri Bayintan Kijang, sekitar pukul 12.40 WIB. Selanjutnya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

"Kapal kargo yang tenggelam itu miliki Kia Phong. Kapalnya tenggelam tapi penumpangnya berhasil selamat. Kini korban sedang mendapatkan penanganan medis," tutupnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews