Dinas Perkim Natuna Kecipratan DAK Belasan Miliar di 2018, Tiap Desa Dialokasikan 20 Unit Rehab RTLH

Dinas Perkim Natuna Kecipratan DAK Belasan Miliar di 2018, Tiap Desa Dialokasikan 20 Unit Rehab RTLH

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Natuna akan kembali dialokasikan pada 2018 untuk setiap desa. 

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Natuna, Agus Supardi mengatakan, masing-masing desa mendapat jatah 20 unit rehab RTLH tahun depan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan Rp 5 miliar lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) pada 2018.

"Masing-masing desa mendapat jatah 20 unit. Lima unit untuk bangun baru dan 15 unit untuk rehabilitasi," ujarnya, Rabu (6/12/2017).

Agus mengatakan pemerintah pusat sedang fokus di desa. "Jadi ini khusus untuk desa lebih dulu dulu. Karena pemerintah pusat memprioritaskan wilayah tertinggal. Sistem pengerjaannya dikerjakan oleh kelompok masyarakat di desa itu. Toko bangunan yang akan dipakai untuk menyuplai material akan ditunjuk," terangnya.

Masing-masing desa harus sudah punya usulan dan data rumah yang akan menjadi sasaran RTLH tersebut.

Selain RTLH, Dinas Perkim-PRP Kabupaten Natuna juga mendapat alokasi dana milyaran rupiah lainnya dari DAK untuk tahun depan diantaranya:

1. Kegiatan Fisik Reguler 

A. Anggaran Rp 1,463 miliar untuk air minum. Pemkab fokus menyelesaikan pembangunan waduk di Kecamatan Pulau Laut yang sejatinya sudah dimulai tahun ini. "Tahun depan (2018) masuk pipanisasi," ujar Agus.

B. Kegiatan pembangunan sanitasi Rp 1.5 miliar. "Kami sebelumnya sudah membuat sistem pengelolaan air limbah domestik dan rumah tangga beserta jamban di kampung tua penagi, Ranai. Nah tahun ini sedang dijalankan di Pulau Tiga dan Selaut. Anggaran tahun depan ini untuk Sedanau dan Serasan Timur," terang Agus Supardi.

2. Kegiatan Fisik Penugasan di Dinas Perkim untuk proyek sanitasi yakni Rp 3,6 miliar.

3. Kegiatan Fisik Afirmasi di Dinas Perkim-PRP mendapat alokasi Rp 5,6 miliar untuk perumahan. Sementara untuk sanitasi senilai Rp 3,6 miliar

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews