Pusat Perniagaan Kampung Cina Daik Terbakar

Raja Fahrurazzi: Kebakaran Kampung Cina Jangan Jadi Peluang Naikkan Harga Sembako

Raja Fahrurazzi: Kebakaran Kampung Cina Jangan Jadi Peluang Naikkan Harga Sembako

Kepala DPM-PTSPP Lingga, Raja Fahrurrazi (Foto: Ruzi/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Pascakebakaran pusat pertokoan di Kampung Cina, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPM-PTSPP) Lingga mengimbau agar para pedagang lain tidak menaikkan harga sembako.

Kepala DPM-PTSPP Lingga, Raja Fahrurrazi mengatakan, sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan pihaknya, kebakaran di Kampung Cina jangan menjadi peluang segelintir oknum untuk menaikkan harga sembako di tengah musibah yang ada.

"Semuanya baik masyarakat umum maupun pedagang sama-sama berpartisipasi membantu secara moril dan material dan menurut tupoksi masing-masing," kata dia kepada Batamnews.co.id, Rabu (29/11/2017).

Dikatakannya, Kampung Cina yang merupakan sentral ekonomi di Daik Lingga, kemungkinan naiknya harga sembako bisa saja terjadi. Sehingga tentu saja hal ini dapat menyusahkan masyarakat yang terkena musibah dan masyarakat umum. 

"Jadi kita menghimbau tidak ada kenaikan-kenaikan begitu tinggi yang tidak wajar. Kecuali menurut ketentuan-ketentuan yang berlaku seperti HET. Karena memang kita ini tidak seperti daerah lain, karena daerah kita ini transportasi, buruh harus diperhitungkan, tapi tidak harus begitu menjorok. Itu yang kita harapkan," ujarnya.

Ia menghimbau, agar situasi tetap kondusif dan tidak panik, tidak menaikkan harga, serta selalu mengontrolkan ketersediaan sembako.

"Kita juga sudah menghubungi seperti di Pancur dan Dabo bagaimana kalau kekurangan sembako kita akan suplay dari sana. Kita sudah membuat langkah seperti itu," katanya.

Sebagaimana diketahui, Kampung Cina merupakan komplek pertokoan terbesar di Daik Lingga. Bahkan, para pedagang-pedagang kecil sebagian besar mengambil bahan pokok di sejumlah toko yang ada di Kampung Cina tersebut.

Sayangnya, saat ini Kampung Cina yang menjadi pusat perbelanjaan tersebut rata dengan tanah usai kebakaran hebat yang melanda.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews