Kerjasama Koramil Dabo Singkep dan Petani Desa Resang Berbuah Panen Padi Perdana

Kerjasama Koramil Dabo Singkep dan Petani Desa Resang Berbuah Panen Padi Perdana

Koramil dan petani di Desa Resang melakukan panen perdana di sawah Desa Resang, Selasa (28/11/2017). (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Koramil 04/Dabo Singkep bersama Kelompok Tani Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, melakukan panen perdana di lahan percetakan sawah TNI bekerjasama dengan Kementrian Pertanian (Kementan) RI tahun 2016 di Desa Resang, Selasa (28/11/2017).

Danramil 04/Dabo Singkep Kapten Inf Herwan Syah Putra mengatakan, panen perdana yang dilakukan tersebut merupakan hasil tanam pihak Koramil bersama Kelompok Tani Desa Resang yang dilakukan pada 18 Agustus 2017 lalu dengan luas tanam 4 hektare (Ha).

"Ini merupakan panen perdana pada tanam kedua, sebelumnya sudah dilakukan penanaman seluas 35 Ha, namun gagal panen karena terserang hama pengerek batang, ulat daun dan belalang," kata dia kepada Batamnews.co.id, Selasa (28/11/2017) usai panen padi tersebut.

Dikatakannya, walaupun 35 Ha padi pertama gagal panen, akan tetapi berkat kerja keras semua pihak, kali ini padi yang dipanen cukup memuaskan.

"Kita berharap agar semua elemen masyarakat dan instansi terkait agar lebih banyak membantu masyarakat dalam menanam padi menuju swasembada beras di Kabupaten Lingga. Kalau boleh, kita bisa menjadi lumbung padi Kepri," ujar dia penuh semangat.

Saat ini, masyarakat masih sangat membutuhkan bimbingan. Hal itu dikarenakan rata-rata masyarakat Lingga notabennya bermatapencaharian sebagai nelayan.

"Jadi, untuk merubah pemikiran dari nelayan menjadi petani sangatlah sulit. Maka, butuh bimbingan yang sangat intensif," katanya.

Sebagaimana diketahui, pada panen perdana padi dengan varitas inpari 3 itu turut dihadiri oleh Kasdim 0315/Bintan Mayor Inf Sugeng S.

(RUZ)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews