Ini Dampak Bila Minum 3 Cangkir Kopi Sehari

Ini Dampak Bila Minum 3 Cangkir Kopi Sehari

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Minum kopi sebanyak tiga sampai empat cangkir sehari kemungkinan punya beberapa manfaat kesehatan, menurut penelitian dari BMJ. 

Peneliti dari University of Southampton, Inggris menemukan, konsumsi kopi tersebut bisa menurunkan risiko penyakit hati dan kanker. Risiko kematian karena stroke juga menurun.

Periset mengumpulkan data tentang efek kopi terhadap tubuh manusia. Mereka mengkaji lebih dari 200 penelitian, yang sebagian besar berdasarkan pengamatan.

Dilansir dari BBC, Kamis (23/11/2017), dibandingkan orang yang tidak minum kopi. Orang yang minum tiga cangkir kopi sehari ternyata lebih jarang mengalami gangguan jantung atau rendahnya kasus kematian dini. Manfaat paling manjur dari konsumsi kopi terlihat pada penurunan risiko penyakit hati, termasuk kanker.

Menanggapi hasil temuan itu, Prof Paul Roderick dari fakultas kedokteran di University of Southampton, analisis soal kopi tersebut tidak secara jelas melihat soal faktor-faktor seperti usia, apakah orang yang bersangkutan merokok atau tidak.

National Health Service merekomendasikan ibu hamil tidak minum kopi lebih dari 200 mg kafein sehari atau setara dengan dua cangkir kopi instan. Terlalu banyak minum kopi dapat meningkatkan risiko keguguran.

Kajian penelitian juga memaparkan, wanita yang berisiko patah tulang karena kecelakaan atau cedera tertentu juga harus mengurangi kopi.

Aturan konsumsi kopi lain, peminum kopi harus tetap berpegang pada pembuatan kopi sehat. Sebaiknya, hindari tambahan gula, susu atau krim.

Kopi juga memiliki dampak positif dari adanya efek zat anti-oksidan dan anti-fibrotik, yakni mencegah atau memperlambat kerusakan sel-sel di tubuh.

(ind)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews