Pemko Batam Berencana Ubah Puskesmas Kampung Jabi Menjadi RSUD

Pemko Batam Berencana Ubah Puskesmas Kampung Jabi Menjadi RSUD

Layanan puskesmas (ilustrasi)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Pemerintah kota Batam berencana membuat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di kampung Jabi, Nongsa. 

Hal ini untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Batam sesuai arahan Kementerian Kesehatan. Langkahnya dengan meningkatkan tipe Puskesmas Jabi menjadi RSUD Pratama.

“Rencana akan dibangun RSUD untuk menambah pelayanan kesehatan di kota Batam, dan sengaja dipilih kawasan kampung Jabi, Nongsa untuk dapat menjangkau masyarakat di pinggiran kota,” ujar Kepala Dinas Kesehatan kota Batam, Didi Kusmardjadi, pertengahan November 2017, pekan lalu. 

Ia mengakui pembangunan RSUD ini belum dapat ditentukan waktu pelaksanaan karena belum masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) masa pimpinan Rudi-Amsakar. 

Namun rencana pembangunan RSUD akan tetap diupayakan, langkah awal yang akan dilakukan dengan membuat Detail Engineering Design (DED) senilai Rp 300 juta. 

“Tahun depan InsyaAllah DED nya sudah ada, sehingga pembangunan dapat kita upayakan,” kata Didi. 

Didi menjelaskan bahwa untuk pembangunan RSUD akan menggunakan Dana Alokasi Khusus. Dan tetap memperhatikan dana yang ada.

“Mudah-mudahan dananya ada sehingga rumah sakit tersebut bisa langsung dibangun, nantinya dananya belum penuh, kita akan bangun secara blok-blok dulu,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews