Wajah Baru Gedung PN Batam, Kini Lebih Ramah dan Fresh

Wajah Baru Gedung PN Batam, Kini Lebih Ramah dan Fresh

Suasana di meja pelayanan dan informasi Pengadilan Negeri Batam. (foto: yes/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ada suasana baru di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Batam, tepatnya di ruangan pelayanan informasi dan pengaduan. Sebelumnya ruangan itu terlihat biasa. Namun sekarang terlihat lebih "berkelas" tepatnya di ruangan pelayanan. 

Kantor PN Batam terletak di kawasan Batam Centre berdekatan dengan Kantor DPRD Kota Batam, Kejaksaan Negeri Batam dan beberapa instansi lain.  

Beberapa bulan yang lalu, kantor PN terutama pada bagian depan direnovasi. Mulai interior ruangan hingga sistem pelayanan tamu.

Melalui pintu depan pengunjung dan tamu disuguhkan dengan meja pelayanan informasi dan pengaduan. Sebelum itu, pengunjung harus melewati X-ray, supaya tamu yang datang tidak membawa barang-barang berbahaya. 

Disambut dengan senyum ramah pelayan informasi, pengunjung dengan mudah menanyakan keperluan. "Ya buk ada yang bisa saya bantu," ujar Ana, wanita berumur 21 tahun itu dengan sedikit pipi mengambang. 

Petugas dengan sigap memberikan arahan sesuai dengan keperluan pengunjung. Baik menanyakan kasus, atau ingin bertemu dengan panitera PN Batam. 

Suasana ruangan telihat lebih indah dari sebelumnya, pasalnya terdapat beberapa hiasan bunga di beberapa sisi ruangan. Kemudian di dinding sekitar ruangan diperkirakan seluas lapangan volly itu tertempel semboyan-semboyan, dan beberapa aturan di PN. 

Di sebelah kanan terdapat ruangan media center, di bagiannya depannya ada satu kursi roda untuk divabel. "Sebelumnya itu memang tidak ada," ujar Ana. 

Semua aksesoris ruangan terpasang dengan rapi. 

Di bagian kanan ruangan terdapat bangku sofa khusus untuk tamu pimpinan PN Batam dilengkapi dengan koran yang siap dibaca menghabiskan waktu menunggu. 

Monitor terpasang di beberapa sisi dinding ruangan. Bagian sisi lain ada juga tertempel pengaduan saran yang akan diisi pengunjung, sangat puas, puas dan kotak terakhir tidak puas. 

Selain itu, terpajang jelas komitmen PN Batam untuk tidak melakukan praktek pungli, dengan bunyi komitmen seperti ini, "Hari ini tanggal 26 September Ketua PN Batam mencanangkan pembangunan zona integritas Pengadilan Negeri Batam kelas 1a menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dalam melayani. Ditandatangani oleh ketua dan beberapa pejabat tinggi di Kota Batam."

Selain itu, pelayanan satu pintu PN Batam yang sebelumnya di lantai dua sekarang pindah ke lantai 1. Tepat berada di samping kanan meja informasi dan pengaduan. 

Di ruangan terpisah itu terdapat empat meja, masing-masing melayani pidana, perdata, umum dan keuangan. 

"Sudah beberapa minggu yang lalu direnovasi," ujar Ana dengan nama lengkap Rosdiana Rusli itu. 

Ana mengaku nyaman dengan suasa baru tersebut. Apalagi dengan fasilitas yang lengkap.  "Semoga pengunjung ke sini (PN Batam) merasa nyaman juga," ujar wanita berkerudung itu. 

Salah seorang pengunjung mengaku kaget dengan perubahan pelayan di PN Negeri, yang biasa suasananya tegang sekarang lebih santai dan fresh dengan suasana ruangan yang baru. "Baguslah, ada perubahan," ujarnya yang tidak mau namanya disebutkan. 

(Yes)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews