Jaringan Pipa Pelanggan Bocor, Jadi Tanggung Jawab Pelanggan Loh..

Jaringan Pipa Pelanggan Bocor, Jadi Tanggung Jawab Pelanggan Loh..

Petugas ATB mengecek kondisi meter pelanggan beberapa waktu lalu, untuk menghindari kemungkinan kebocoran dalam yang tidak terdeteksi, pelanggan dapat mengecek meter air secara berkala.

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pelanggan ATB Mungkin belum banyak yang tahu bahwa jaringan pipa setelah meter air, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan. Apa lagi terjadi kebocoran pada jaringan tersebut.

Selain menanggung tagihan air yang terbuang, pelanggan juga yang bertanggung jawab memperbaiki kebocoran pipa.

"Bila terjadi kebocoran pada jaringan pipa pelanggan setelah meter air, air bersih yang terbuang akibat kebocoran pipa tersebut akan ditagihkan kepada pelanggan,” jelas Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB Jumat (10/11/2017)

Ia melanjutkan, bila pelanggan tidak mau membayar tagihan tersebut karena merasa tidak menggunakan air yang merembes karena bocor, perusahaan air minum berhak menghentikan aliran air kepada pelanggan tersebut sementara, hingga pelanggan melunasi tagihan yang dibebankan.

Kebijakan kebocoran yang terjadi dijaringan pipa pelanggan tidak hanya di PT Adhya Tirta Batam (ATB), perusahaan air minum maupun PDAM di seluruh Indonesia menerapkan kebijakan yang sama.

“Kami kembali tegaskan bahwa pipa jaringan dalam sepenuhnya menjadi tanggung jawab pelanggan, sehingga bila terjadi kebocoran pipa di jaringan dalam, dianggap menjadi kelalaian pelanggan,” tutur Enriqo.

Oleh karena itu, Enriqo mengimbau, pelanggan diharapkan secara berkala mengecek apakah terjadi kebocoran jaringan dalam atau tidak. Selain itu, pastikan pipa jaringan dalam di rumah atau bangunan yang ditempati dipasang dengan baik sehingga resiko kebocoran dapat diminimalisir.

Pelanggan juga bisa memeriksa sendiri tanda-tanda kebocoran yang terjadi pada jaringan pipa pelanggan dengan mudah. Pelanggan bisa mengatur posisi valve meter dalam posisi on atau terbuka, kemudian tutup semua kran air yang terdapat didalam rumah.

Apabila meter air berputar, dapat dipastikan adanya kebocoran pada jaringan pipa pelanggan dan harus segera diperbaiki. 

Untuk itu apabila ada pelanggan yang mengalami kebocoran jaringan pipa dalam pelanggan dan kesulitan  menemukan titik kebocoran pipa, pelanggan bisa meminta bantuan ke petugas ATB melalui kantor pelayanan terdekat, baik di kantor pusat Sukajadi, kantor cabang Batu Aji, kantor cabang Tiban dan kantor cabang yang ada di Bengkong.

"Tim ATB akan membantu mencari lokasi titik kebocoran pada jaringan pelanggan, untuk perbaikannya tetap tanggung jawab pelanggan dengan mencari tenaga pekerja. Kebocoran jaringan dalam yang terjadi di tempat pelanggan akan menyebabkan tagihan tinggi, meski pemakaian air normal," pesan Enriqo.  

Apabila pelanggan mencurigai ada kebocoran jaringan dalam, dapat menelepon call centre ATB di nomor 0778-467111 atau datang langsung ke kantor pelayanan kami terdekat. 
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews