Terlalu..! Orang Sudah Meninggal Masih Didaftarkan Parpol, KPU Sampai Verifikasi ke Kuburan

Terlalu..! Orang Sudah Meninggal Masih Didaftarkan Parpol, KPU Sampai Verifikasi ke Kuburan

Ketua KPU Natuna mengecek sebuah kuburan saat melakukan verifikasi nama-nama anggota parpol yang didaftarkan ke KPU. Bahkan warga yang sudah meninggal setahun yang lalu masih didaftarkan oleh parpol mencukupi syarat kuota anggotanya. (Foto: ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - KPU Natuna menemukan banyak kegandaan data anggota parpol yang didaftarkan. Bahkan ada nama warga yang sudah meninggal ikut dicantumkan sebagai anggota oleh parpol.

Ketua KPU Natuna, Affuandris mengakui menemukan sekitar 250-an nama ganda. Dari 14 Parpol yang terdaftar di KPU Natuna, total sekitar 2.000-an anggota yang akan diverifikasi.

"Saat ini kita sedang tahapan verifikasi administrasi berkas parpol yang disampaikan ke KPU Natuna, muncul banyak kegandaan anggota parpol," ujar Aff, Jumat (10/11/2017).

Kasus lain yang dijumpai misalnya, seorang yang memegang kartu parpol lebih dari satu.

"Nah itu yang tidak boleh. Yang ganda ini akan kita tanya ke lapangan langsung dan harus ketemu dengan yang bersangkutan. Kami selanjutnya menanyakan mereka jadi anggota parpol apa, harus pilih salah satunya," ujar Affuandris.

Bahkan lucunya, ada kejadian dimana nama anggota parpol yang disampaikan ternyata sudah meninggal 2016 lalu.

"Yang bersangkutan ternyata sudah meninggal 2016. Tapi masih disampaikan ke KPU. Ini kami temukan saat kami turun ke lapangan. Udah meninggal pun masih didaftarkan namanya. Tentunya yang seperti ini tidak memenuhi syarat," tegasnya.

Verifikasi kegandaan nama anggota parpol rencananya akan dilakukan hingga 15 November 2017. Setelah itu akan masuk tahap verifikasi selanjutnya, seperti validitas keanggotaan seperti kartu tanda anggota dan sebagainya.

"Saat ini kami pastikan dulu anggota parpol yang ganda ini. Kita juga tanyakan apakah memang yang bersangkutan masuk parpol tertentu. Kadang nama mereka dicantumkan sebagai anggota, namun mereka tidak tahu," tukasnya.

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews