Batam Diperkirakan Dapat DAK Rp 178 M Tahun Depan

Batam Diperkirakan Dapat DAK Rp 178 M Tahun Depan

Ilustrasi

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Tahun 2018 mendatang, Kota Batam diperkirakan akan mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 174 miliar.

Dengan perkiraan nominal DAK tersebut, Wali Kota Batam HM Rudi mengungkapkan bahwa Ia ingin meminta lebih banyak lagi DAK dari pemerintah pusat. 

"Saya sering tanda tangan, siap terima DAK dan siap bertanggungjawab. Kami minta sebanyak mungkin," sebut Rudi, Jumat (10/11/2017). 

Rudi menjelaskan untuk DAK 2018 mendatang, penggunaan dananya disalurkan pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan ranah program masing-masing.

"Jadi tak hanya untuk PU saja (Dinas Bina Marga, red), semuanya," katanya.

Adapun rincian DAK 2018 yakni Rp 80,4 miliar untuk DAK fisik sementara DAK non fisik Rp 93,7 miliar.  Lebih lanjut, DAK fisik dapat dirinci lagi, DAK Reguler Rp 38,3 miliar, DAK penugasan 25,6 miliar, serta DAK Afirmasi sebesar Rp 16,4 miliar.

Sementara DAK non fisik, dibagi habis dalam beberapa kegiatan seperti tunjangan profesi gurun PNSD, tambahan penghasilan guru, bantuan operasional penyelengaraan anak usia dini, bantuan operasional kesehatan hingga pelayanan adiministrasi kependudukan.

"Intinya tak hanya untuk fisik, ada untuk sekolah, jalan, maupun parit. Yang utama tiga itu, Perkim (Disperkintam), Cipta Karya dan PU (DBM SDA)," katanya.

Untuk diketahui, penyaluran DAK kelak tak sekaligus, namun dilakukan bertahap. Dengan skema, 30-25-25-20. Artinya, 30 persen untuk triwulan pertama, kedua dan ketiga masing-masing 25 persen, sementara triwulan terakhir 20 persen.

Dan penyaluran triwulan kedua, tergantung realisasi pemakaian anggaran triwulan sebelumnya dengan minimal realisasi sebesar 75 persen. Hal ini juga berlaku untuk triwulan selanjutnya, jika tidak pemerintah pusat tidak akan melanjutkan pencairan dana.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews