[Breaking News] Internet Natuna Bakal Cepat, Malam ini Telkomsel Ujicoba Jaringan Longhaul ke Sambas

[Breaking News] Internet Natuna Bakal Cepat, Malam ini Telkomsel Ujicoba Jaringan Longhaul ke Sambas

Mobilisasi perangkat BTS Telkomsel ke Ranai, Kabupaten Natuna

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Telkomsel sedang melakukan ujicoba jaringan longhaul yang terhubung dari Natuna - Sambas, Kalimantan Barat, Kamis (19/10/2017) malam ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Natuna, Raja Darmika mengatakan, pihaknya sejak Rabu (18/10/2017) sudah bersama Manajer dan Supervisor Teknis Telkomsel dari  Batam untuk merampungkan hal tersebut.

"Kami sekarang sedang di Selat Lampa dengan pihak Telkomsel. Saat ini pihak mereka sedang melakukan migrasi perangkat dari Vsat menjadi radio IP longhaul," ungkap Raja Darmika, kepada Batamnews, Kamis (19/10/2017) sore.

Seperti diketahui selama ini perangkat yang digunkan oleh Telkom dan Telkomsel di Natuna berupa satelit bumi (Vsat) dengan jalur komunikasi data (Bandwidth) yang kecil.

"Kali ini akan memakai jalur Longhaul yang terkoneksi dengan Sambas. Sebelumnya tower BTS untuk ini sudah dipasang di Sabang Mawang (Kecamatan Pulau Tiga), Ranai dan Sambas," terang Raja.

Akan ada penambahan jalur bandwidth secara signifikan menjadi kapasitas 2000 Mega Byte.

"1000 MB akan digunakan operator Telkomsel dan 600 MB akan dipakai untuk jalur Indihome Telkom," terangnya lagi.

"Kalau tidak ada kendala, besok pagi mungkin bisa dirasakan perubahannya. Tapi kalau ada hal-hal teknis lainnya yang jelas dalam beberapa hari ini akan dirampungkan," tambah Raja Darmika.

Ia menuturkan, pihak Telkomsel mengupayakan migrasi jaringan perangkat baru ini di waktu-waktu kosong agar tidak mengganggu aktivitas warga pengguna layanan mereka.

Dijelaskan Raja, pihak Telkomsel sudah melakukan ujicoba jaringan radio longhaul ini yang sudah disetting di beberapa sites BTS yang berada di Bukit Arai (Kantor Bupati), Penagi dan Bandara.

"Ya tinggal settingan saja. Kita tunggu segera perubahannya. Mudah-mudahan besok bisa," tukasnya.

(Fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews