Korea Utara Sudah Dikepung 4 Kapal Induk AS, Perang Segera Meletus?

Korea Utara Sudah Dikepung 4 Kapal Induk AS, Perang Segera Meletus?

Armada tempur Amerika. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Washington - Pengamat militer Amerika Serikat, Jenderal Barry McCaffrey, menyatakan perang terbuka antara Amerika dan Korea Utara dijadwalkan akan terjadi dalam waktu dekat. 

"Perang dijadwalkan oleh pemerintah," kata Barry saat diwawancara televisi NBC kemarin malam, seperti dikutip dari Express.co.uk, Minggu (15/10/2017).

Menurut jenderal pensiunan angkatan bersenjata Amerika yang kerap diwawancara media terkenal ini, perang terbuka Amerika dan Korea Utara segera terjadi pada musim panas tahun depan.

Pemicunya adalah perilaku Presiden Donald Trump yang menurut Barry lemah dalam diplomasi dan strategi penanganan serius.

"Bahasa yang digunakan pemerintah sekarang adalah lemahnya strategi diplomasi dan kerja sama dalam pandangan saya telah menggelincirkan kita menuju perang pada musim panas tahun depan," ujar Barry. 

Barry pun tidak yakin Amerika dapat membawa kembali Korea Utara ke meja perundingan. Dia menyalahkan Presiden Donald Trump atas hal ini.

"Masalahnya adalah kita saat ini menghadapi begitu banyak krisis, yang berpotensi karena upaya diplomasinya yang sudah berlebihan. Begitu juga kemampuan pasukan bersenjata Amerika yang bertindak seperti itu," ujar Barry.

Sebelumnya, Presiden Donald Trump telah memberi sinyal serius atas ancamannya terhadap Korea Utara yang terlihat dari pengerahan peralatan militer Amerika Serikat dengan konfigurasi mengepung negara itu. 

Trump murka karena Kim Jong Un menolak menghentikan program senjata rudal dan nuklirnya sekalipun berbagai sanksi internasional sudah dijatuhkan. Yang bikin panas Trump, di tengah sanksi yang diklaim terberat yang pernah diberikan Dewan Keamanan PBB, Kim Jong-un masih saja mampu membangun program senjata nuklirnya dan bersumpah akan mendaratkan rudal balistik antarbenua atau ICBM di wilayah Amerika. 

Pentagon menegaskan sikapnya bahwa militer Amerika Serikat sudah dalam posisi siap untuk bertempur melawan Korea Utara. Penegasan Pentagon ini untuk mendukung keputusan Trump yang mengedepankan cara militer untuk menekuk Korea Utara dan menutup buku terhadap dialog. 

Berikut pengerahan peralatan militer dan jumlah pasukan Amerika ke Semenanjung Korea yang diduga dibungkus dengan latihan perang Amerika dengan sekutu terdekatnya, Korea Selatan.

1. Kapal induk
Sedikitnya 4 kapal induk bertenaga nuklir yang dikerahkan ke Semenanjung Korea yakni: USS Ronald Reagan, USS Theodore Roosevelt, USS Carl Vinson, dan USS Bunker Hill yang berusia paling tua karena dibangun pada masa Perang Dunia II.

2. Kapal perusak
Tiga kapal perusak ini mendampingi kapal induk di antaranya USS Halsey, USS Sampson, dan USS Treble.

3. Pesawat tempur
Pesawat pembom B-1B Lnacer, F-22 Raptor dan sejumlah pesawat tempur tercanggih.

4. Ribuan personil

Sekitar 7.500 personil marinir dikerahkan untuk menghadapi kemungkinan perang. Ini di luar pasukan angkatan udara Amerika Serikat.

Selain itu, negara-negara sekutu seperti Korea Selatan, Jepang, Australia dan Inggris sudah menyatakan dukungannya dan bantuannya kepada Amerika Serikat untuk menghadapi Korea Utara. Empat negara sekutu Amerika Serikat ini siap mengerahkan pasukan keamanannya untuk menghadapi Korea Utara.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews