Empat Puskesmas di Bintan Mulai Beroperasi Hingga Malam

Empat Puskesmas di Bintan Mulai Beroperasi Hingga Malam

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan menambah jam pelayanan. Namun baru 4 dari 15 puskesmas di 10 kecamatan. Di antaranya Puskesmas Kawal, Tanjunguban, Teluk Sasah dan Puskesmas Kijang.

Dengan penambahan jam pelayanan itu, yang awalnya hanya sampai pukul 16.00 WIB akan berubah hingga pukul 22.00 WIB. Tujuannya untuk memenuhi dan memaksimalkan permintaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gratis.

"Tahap pertama empat puskesmas yang beroperasi sampai jam 10 malam. Kedepannya 11 puskesmas lagi, sehingga 15 puskemas akan menerapkan sisitem yang sama," ujar Kepala Dinkes Bintan dr.Gama Isnaini, kemarin.

Menurut Gama, untuk mensukseskan penambahan waktu pelayanan ini harus didukung oleh tenaga medis serta operasionalnya. Jadi dia berencana akan memenuhi dua unsur itu dalam waktu dekat.
Operasionalnya sudah diusulkan ke APBD-P Bintan 2017.

Langkah selanjutnya tinggal  merekrut kebutuhan tenaga medis tambahan. Seperti dokter dan tenaga perawat. 

"Setiap puskesmas yang beroperasi sampai jam 10 malam akan ditambah dua tenaga dokter," katanya.
Sementara itu, DPRD Bintan telah menambah alokasi anggaran untuk Dinkes Bintan sebesar Rp 180 juta di APBD-P Bintan 2017. Penambahan porsi keuangan itu untuk  membayar insentif dokter maupun perawat jaga yang bertugas hingga pukul 22.00 WIB

"Tentunya kalau buka sampai jam 10 malam, ada tenaga medis tambahan. Nah uang itu untuk membayar insentif mereka," ujar Ketua Komisi III DPRD Bintan Fiven Sumanti.

Ditanya besaran yang akan diterima delapan tenaga medis untuk di empat puskesmas. Fiven mengaku tidak mengetahui secara pasti pembagian masing-masing untuk tenaga medis. Karena teknis pembagian itu merupakan kewenangan Dinkes Bintan.

Namun dia berharap kedepannya semua puskesmas di Bintan yang berjumlah 15 unit bisa beroperasi hingga pukul 22.00 WIB. "Itu nanti diatur oleh Dinas Kesehatan sebagai leading sektornya," kata dia. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews