HUT ke-72 TNI

Di Depan Presiden, Panglima TNI Tegaskan Setia Terhadap Negara

Di Depan Presiden, Panglima TNI Tegaskan Setia Terhadap Negara

Presiden diapit oleh Panglima TNI dan Kapolri menuju lokasi acara HUT TNI. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah milik seluruh rakyat yang bertugas menjaga keutuhan nasional. 

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat hadir dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10/2017). 

Jokowi mengaku teringat pesan Jenderal Besar Sudirman terkait jati diri TNI yang dinilai masih relevan untuk masa kini dan yang akan datang bahwa politik tentara adalah politik negara.

Politik TNI, sambung dia, politik negara dan loyalitas tentara hanyalah loyalitas untuk kepentingan bangsa dan negara. 

"TNI adalah milik nasional, yang berdiri di atas semua golongan, yang tidak terkotak-kotak untuk kepentingan politik dan tidak masuk kancah politik praktis, yang selalu menjaga keutuhan nasional dan membangun kesatuan dan solidaritas anak bangsa dan antar komponen bangsa," tutur Jokowi. 

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada TNI atas profesionalisme, komitmen, dedikasi dan loyalitasnya dalam menjalankan tugas menjaga kutuhan NKRI. 

"Saya sampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas komitmen seluruh jajaran TNI dalam memegang sumpah prajurit, dan dedikasi dalam menjalankan tugas-tugas berat yang penuh risiko dalam menjaga NKRI, Pancasila dan kewibawaan negara," ucapnya. 

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku bangga dan terkesima mendengar sumpah prajurit TNI untuk setia pada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Panglima Gatot pun memberikan responsnya terhadap sambutan Presiden Jokowi itu. “Bagi kami kesetiaan terhadap NKRI yang berdasarkan UUD 1945, Pancasila, adalah sendi utama yang melekat erat pada jiwa dan raga setiap prajurit TNI. Pada saat yang sama, saya menegaskan pula bahwa politik TNI adalah politik negara,” ucap Panglima Gatot.

Gatot Nurmantyo menegaskan, pihaknya akan selalu setia terhadap negara sesuai sumpah prajurit.  

Atraksi Bela Diri

Sebanyak 1.800 personel TNI menampilkan atraksi bela diri dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI di Dermaga Kiat Indah, Cilegon, Banten, Kamis (10/5/2017). 

Salah satunya, aksi anggota TNI yang menunjukkan kemahiran melakukan bela diri pencak silat.

Adapun jenis bela diri yang ditampilkan adalah pencak silat gabungan atau pencak silat yang ada di Indonesia, antara lain Merpati Putih, Tapak Suci, Perisai Diri, Pagar Kencana, Ciung Wanara, Cimande, Pemersatu Hati. 

Aksi bela diri prajurit TNI disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Gatot Nurmantyo.

Selain bela diri, TNI juga unjuk alutsista dan peralatan tempur terbaru.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews