Makin Dekat ke Pelanggan, ATB Siapkan Layanan Mobil Kas Keliling

Makin Dekat ke Pelanggan, ATB Siapkan Layanan Mobil Kas Keliling

Pelanggan mendapat layanan dari tim front liner ATB di kantor Sukajadi beberapa waktu lalu. (foto: ist/ATB)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebagai bentuk peningkatan pelayanan ke pelanggan, PT Adhya Tirta Batam (ATB) selalu mempersiapkan layanan maksimal. Selain pelayanan front liner di setiap kantor cabang, ATB mendekatkan diri ke pelanggan dengan menghadirkan mobil kas keliling (mobile payment).

Mobil kas keliling ATB dirancang untuk memanjakan pelanggan dengan mengunjungi langsung ke daerah-daerah pelanggan. 

"Adanya mobil kas keliling ATB sebagai bentuk pelayanan ATB memberikan yang terbaik buat pelanggan. Karena ATB selain selalu meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas suplai air ke pelanggan juga diiringi dengan kemudahan membayar tagihan. Nantinya mobil kas keliling ATB dapat menjangkau langsung ke pelanggan yang ingin membayar tagihan air," ujar Raja Roy, Finance Manager ATB, Kamis (28/9/2017).

Mobil kas keliling ATB akan disiapkan sebanyak empat unit, dengan jadwal tersebar di beberapa wilayah strategis mulai dari wilayah Nongsa, Batuaji, Tiban hingga Batuampar. Setiap harinya mobil keliling yang disiapkan akan bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.  

"Saat ini kita masih melakukan survei lokasi, banyak hal yang menjadi pertimbangan adanya mobil kas keliling, mulai dari tempatnya apakah ada di wilayah sekitar tempat pembayaran seperti agen pos atau loket-loket pembayaran lainnya, setidaknya ada jarak ideal keberadaan mobil kas keliling,” kata Raja Roy.

Keberadaan mobil kas keliling ATB juga memperhatikan beberapa faktor, mulai dari lokasi yang dikunjungi, sarana prasarana hingga dari sisi keamanan, begitu juga dari sisi sewa lokasi juga di lakukan survei. 

“Lokasi akan jadi prioritas utama seperti di pasar, memiliki akses jalan yang bagus. Nantinya tahap awal ini jadwal mobil kas keliling berlaku dari Senin-Jumat kecuali ada keperluan manajemen atau ada event-event yang di selenggarakan ATB bisa standby di lokasi,” ucap Raja Roy menambahkan.

Di rencanakan mobil kas keliling dalam satu hari akan bergerak di dua lokasi berbeda yakni dari pukul 08.00-12.00 WIB. Selanjutnya sekitar pukul 13.00-15.00 WIB akan berpindah lagi ke daerah-derah berbeda.

Fasilitas yang bisa di manfaatkan pada mobil kas keliling tahap awal baru sebatas pembayaran tagihan. Serta akan di upgrade sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. 

Keberadaan mobil kas keliling dari manajemen juga bisa di fungsikan lebih fleksible. Dimana fungsi mobil ini bisa saja berubah saat diatas tanggal 20, dalam artian dari tanggal 1-20 digunakan untuk melayani tagihan pelanggan. Sedangkan di atas tanggal 20 bisa disesuaikan seperti keperluan edukasi ke pelanggan, kegiatan bersifat customer care.

"Jadwal-jadwal seminggu sebelum tanggal 20 selalu kita jaga, karena di tanggal tersebut akan lebih banyak traffic transaksi pembayaran tagihan baik di sistem ATB, Pos atau perbankan," kata Raja Roy.

Setelah dua bulan berjalan dan beroperasi, pelayanan mobil kas keliling akan dievaluasi kembali efektifitas apakah efektif, termasuk menerima masukan dari pelanggan. Secara berkala ATB akan merilis jadwal-jadwalnya keberadaan mobil kas keliling ke masyarakat.

"Saat ini keberadaan mobil kas keliling masih dalam progres, namun kami juga telah mempersiapkan tenaga SDM diperkirkan sekitar Oktober sudah bisa berjalan," harap Raja Roy. 

Hadirnya mobil kas keliling ATB dilengkapi dengan piranti GPS agar memudahkan memantau keberadaan mobil kas keliling. 

"Kita berharap dari sisi pengawasan kantor pusat juga bisa mengetahui keberadaan mobil terebut karena setiap kendaraan juga dilengkapi dengan layanan GPS seperti mobil operasional ATB pada umumnya. Jadi komunikasi bisa tetap terjalin apabila terjadi suatu kendala di lapangan,” tutupnya. ** 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews