Cari Pengawal Pribadi di Cina Kini Semudah Cari Taksi Online

Cari Pengawal Pribadi di Cina Kini Semudah Cari Taksi Online

Konglomerat China, Jack Ma dikawal bodyguard. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Beijing - Penduduk China tidak lama lagi akan menikmati hak istimewa yang dulunya eksklusif hanya bagi konglomerat, bintang pop hingga kaisar.

Sebuah aplikasi untuk menghubungkan warga dengan pengawal pribadi akan diluncurkan awal bulan depan. Menggunakan aplikasi yang disebut Jinyiwei, diklaim semudah memanggil taksi dengan menggunakan satu klik pada ponsel.

Dinamai sesuai dengan nama kepolisian rahasia kekaisaran Ming, aplikasi Jinyiwei, yang dijadwalkan diluncurkan di Qingdao bulan depan, menjanjikan penggunanya mendapat perlakuan istimewa.

Pengguna akan memiliki akses ke lebih dari 50.000 pengawal pribadi yang berafiliasi dengan layanan ini, sebagian besar adalah veteran militer.
 
Li Shangshang, pengembang untuk perusahaan tersebut, mengatakan kepada bahwa proses perekrutan Jinyiwei sangat ketat. Perusahaan mewajibkan petugas keamanan untuk mengunggah dokumen identifikasi dan surat-surat militer, mendaftar di kelas etiket dan mengenakan seragam.

"Aplikasi ini telah menyatukan lebih dari 50.000 anggota staf keamanan di 47 perusahaan di kota ini. Ketersediaan mereka akan ditunjukkan di peta aplikasi secara real time," kata Li Shangshang, seperti yang dilansir Straits Times, Selasa (22/8/2017)

Aplikasi ini dinamai berdasarkan jaringan polisi rahasia di Dinasti Ming  pada periode 1368 -1644 yang berada di bawah perintah langsung kaisar. Banyak anggotanya digambarkan dalam buku dan film sebagai master kungfu yang gagah dan tampan.

Li menambahkan bahwa semua layanan akan diberikan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Perusahaan pengembang aplikasi tersebut, Yan Bing, mengatakan ini adalah cara efektif untuk meningkatkan sektor keamanan negara melalui Internet dan memberikan lebih banyak kesempatan kerja, terutama bagi mantan anggota militer.

Untuk layanan Jinyiwei modern, harga diperkirakan berkisar antara 70 yuan sampai 200 yuan per jam, tergantung pada layanan yang dibutuhkan dan pengalaman pengawal.

Beberapa netizen Cina menyebutnya sebagai tindakan pencegahan yang berguna bagi wanita yang berjalan sendirian di malam hari.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews