Masyarakat Belakang Padang Sudah Nikmati Air Bersih dari SWRO

Masyarakat Belakang Padang Sudah Nikmati Air Bersih dari SWRO

ilustrasi air bersih (foto : istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Masyarakat Belakang Padang, Batam sudah menikmati layanan air bersih dari Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), sudah mengaliri sedikitnya 525 sambungan. Layanan air bersih sudah dinikmati selama dua bulan.

"Alhamdulillah mereka sudah tidak beli air dari Batam lagi," ujar Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Batam, Suhar, Jumat (18/8/2017).

Tahun ini, kata Suhar, pihaknya menargetkan 750 sambungan air bersih ke rumah warga dari total 1.200 sambungan. Antusias warga untuk mendapatkan layanan SWRO ini sangat tinggi.

"Sekarang saja sudah ada 800 antri warga yang menginginkan layanan SWRO," katanya.

Warga yang dulunya sering memanfaatkan air hujan untuk keperluan sehari-hari, kata Suhar, sekarang sudah sangat terbantu oleh SWRO ini.

Selain itu juga  tidak perlu lagi membeli air bersih dari Batam. "SWRO juga langsung bisa dikonsumsi, jadi ini sangat memudahkan," ujarnya.

Mengenai tarif untuk SWRO ini, Suhar menjelaskan tinggal menunggu keputusan dari Walikota Batam,Muhammad Rudi. Kemarin pihaknya telah mengajukan tarif sebesar Rp 24 ribu per kubik.

"Setelah disubsidi jadi warga hanya membayar Rp 20 ribu per kubiknya," katanya.

Untuk sementara ini, warga masih menikmari layanan SWRO ini secara cuma-cuma, sampai menunggu keputusan dari Walikota Batam.

SWRO merupakan proses penyulingan air  laut menjadi air bersih, dengan teknologi  canggih sehingga dapat langsung dikonsumsi.***

(ret)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews