Kadin, Winner Group dan Dekopinda MoU Deklarasi Bangkitnya UMKM Batam

Kadin, Winner Group dan Dekopinda MoU Deklarasi Bangkitnya UMKM Batam

Penandatanganan MoU Kadin Batam, Winner Group dan Dekopinda (foto : Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam, Winner Group dan Dekopinda melakukan penandatanganan MoU "Deklarasi Bangkitnya UMKM Kota Batam pada, Kamis (17/8/2017) di ruko Bugis Junction, Sagulung, Batam.

Adapun tema yang diangkat dalam deklarasi tersebut "Untuk Memperkuat Ekonomi Kerakyatan Sebagai Pondasi Ekonomi". Tema tersebut diambil melihat perekonomian Kota Batam yang tengah mengalami penurunan drastis.

"Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kita terhadap perekonomian Batam saat ini, dimana banyak perusahaan yang tutup, dan hengkang dari Batam. Akibatnya banyak pengangguran," kata Ketua Kadin Batam, Jadi Rajagukguk pada wartawan usai acara.

Kata dia, ditengah perekonomian Kota Batam sedang melemah saat ini, pemerintah harus mendorong tumbuh kembangnya ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini.

"Saat ini masyarakat Batam bisa bertahan dengan mengharapkan usaha yang mereka miliki. Deklarasi yang kita lakukan saat ini diharapkan sebagai tiang awal tumbuhnya UMKM Kota Batam," ujarnya.

Kemudian ia mencontohkan pedagang gorengan yang bisa menghasilkan uang. "Contohnya pedagang pisang goreng. Pagi beli goreng dan tepung, siangnya pisang dan tepung tersebut menjadi goreng dan sore sudah menghasilkan duit," kata dia.

"Maka dari itulah pemerintah bisa memberi ruang serta pembinaan untuk pelaku usaha kecil ini. Ini mikro ya, bukan menengah yang bisa masuk ke mall untuk berjualan," ujar Jadi menambahkan.

Untuk itu, kata Jadi, dalam waktu dekat ini ia akan berkoordinasi dengan BP Batam maupun Pemko Batam agar bisa menyediakan lahan untuk pelaku UMKM ini.

"Secepatnya saya akan berkoordinasi dengan BP Batam maupun Pemko untuk yang diluar Winner. Kalau Winner ini sudah berkomitmen setiap project-nya menyediakan lahan untuk UMKM," kata Jadi.

Ditempat yang sama Wakil Direktur Winner Group, Ayu Budirahardo mengatakan bahwa Winner sangat mendukung kegiatan ini.

"Winner sudah berkomitmen bahwa setiap project kita mengalokasikan lahan untuk UMKM," ujar Ayu.

Visi dan misi Winner Group, kata Ayu, bukan sekedar untuk pegembangan bisnis, tetapi ikut membantu UMKM juga. "Kami sengaja menyediakan lahan yang kami punya untuk UMKM. di Bugis Junction ini ada 32 kios yang berjualan," kata dia.

Turut hadir dalam deklarasi tersebut perwakilan dari biro pusat statistik (BPS), perwakilan Bank Indonesia, HIPPI, FORPI, DEKOPINDA, Telkomsel, BP Batam, Dinas UMKM Batam, Kapolsek Sagulung dan tokoh masyakarat.

Dalam deklarasi yang bertepatan dengan Hari Kemeredekaan RI ke-72 itu, Winner Group juga menggelar beberapa kegiatan diantaranya, peresmian soft launching kawasan Niaga Winner Bugis Junction, peresmian Taman Bugis Junction, bazar sembako murah dan pemberian Winner CSR dan berbagai perlombaan pesta rakyat.

 

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews