Unik, Cara Pemuda Gelorakan Kemerdekaan di Bawah Laut Natuna

Unik, Cara Pemuda Gelorakan Kemerdekaan di Bawah Laut Natuna

Para pemuda yang tergabung dalam komunitas perbatasan Natuna melakukan penyelaman mengibarkan bendera merah putih di dasar laut, Kamis (17/8/2017). (Foto:Ist/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Semangat peringatan HUT kemerdekaan ke-72 RI juga digelorakan oleh kalangan penggerak Komunitas Perbatasan Natuna dari bawah laut.

Sebuah prosesi pengibaran bendera merah putih mereka lakukan di kedalaman 6 meter di dasar laut perairan Pulau Senoa, Kamis (17/8/2017).

Muttaqien, salah satu anggota Penggerak Perbatasan Natuna yang terlibat dalam kegiatan ini mengatakan, kegiatan ini salah satu cara mereka dalam membangun rasa nasionalisme dan cinta tanah air. 

Seperti diketahui, Natuna kini menjadi sorotan sebagai daerah terdepan NKRI yang memiliki wilayah laut strategis yang berbatasan dengan negara tetangga. Kekayaan hasil laut dan potensi bahari Natuna pun kerap menjadi incaran oleh pihak asing dan nelayan-nelayan dari negara tetangga. 

Prosesi pengibaran bendera di bawah laut perairan Pulau Senoa oleh Komunitas Perbatasan Natuna

Kini pemerintah tengah agresif melakukan pembangunan khususnya sektor bahari, kelautan dan perikanan di Natuna. Begitu juga dari aspek pertahanan.

"Kami menyampaikan pesan bahwa Natuna seutuhnya merupakan wilayah NKRI yang berada di Laut Cina Selatan yang kini kawasan sekitar ini sudah diganti namanya oleh pemerintah menjadi Laut Natuna Utara," ujar Muttaqien.

Para penggiat komunitas di perbatasan ini terdiri dari berbagai elemen komunitas pemuda yang ada di Kabupaten Natuna. Mereka menggunakan pakaian selam lengkap dengan tabung oksigen melakukan prosesi unik ini dalam memperingati HUT RI

"Ya salah satu tujuannya lainnya kita juga ingin memperkuat Natuna sebagai salah satu pagar laut nusantara," tegas Muttaqien.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews