AJI Kota Persiapan Tanjungpinang Dideklarasikan, Minta Wali Kota Tidak Takut Kritik

AJI Kota Persiapan Tanjungpinang Dideklarasikan, Minta Wali Kota Tidak Takut Kritik

Pembacaan deklarasi AJI Tanjungpinang. (foto: yes/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Persiapan Tanjungpinang dideklarasikan di Hotel Comfort Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Organisasi yang sudah digadang-gadang sejak beberapa tahun terakhir ini diharapkan dapat mengubah iklim jurnalisme di Tanjungpinang.

Deklarasi dihadiri Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Kadis Kominfo Kepri Guntur Sakti, Perwakilan Pengurus AJI Indonesia Labam Abraham Laisila dan Ketua AJI Kota Batam Muhammad Zuhri serta beberapa wartawan Tanjungpinang.

Dalam sambutannya Laban mengatakan, saat ini hari bersejarah bagi Tanjungpinang, bahwa rencana lima atau enam tahun lalu akhirnya bisa terlaksanakan. "Kabar pembentukan ini sebenarnya sudah lama ada tiga tahun terakhir sejak AJI ada di Kota Batam, perpisahan dengan AJI Tanjungpinang semoga dapat lebih baik," ujarnya.

Ia mengungkapkan, Ketua AJI Indonesia berpesan AJI Kota Persiapan Tanjungpinang nantinya bisa menjadi organisasi wartawan yang mandiri dan independen. "Ketua AJI Pak Suwarjono berpesan sama pak wali kalau ada anggota AJI yang bandel silahkan dilaporkan ke Jakarta," kata pria yang bekerja di Metro TV itu.

Ia melanjutkan, memang selama ini wartawan Tanjungpinang tergabung dengan AJI Kota Batam, ada beberapa alasan penting AJI Kota Persiapan Tanjungpinang bisa dideklarasikan salah satunya daerah ini adalah Ibu Kota Provinsi Kepri.

"Nanti lewat dinamika yang panjang, AJI Kota Persiapan Tanjungpinang akan kita resmikan di Solo November besok, tepat pada acara kongres AJI," paparnya.

Selain itu, Laban menjelaskan, bahwa sesuai Tri Panji AJI yaitu Profesional, Kebebasan Pers dan Kesejahteraan perlu diaplikasikan setiap anggota AJI. "Jadi bapak wali kota jangan takut dikritik karena letak AJI di sana, tepat pada tri panji kedua," ujarnya.

AJI Kota Persiapan Tanjungpinang merupakan satu-satunya AJI kota yang dideklarasikan di periode kepengurusan AJI 2014-2017 ini.

Ketua AJI Batam Muhammad Zuhri mengatakan, semoga kehadirian AJI di Tanjungpinang dapat mengubah iklim jurnalisme yang lebih baik.

"Di AJI Batam kita mempunyai anggota 50 orang, berbagai kegiatan kita laksanakam untuk menunjang kualitas awak media agar lebih baik," jelasnya.

Acara deklarasi diawali dengan diskusi pagi. Deklarasi ditandai dengan penandatanganan berita acara serta pembacaan pernyataan deklarasi antara Kepala Biro AJI Tanjungpinang dengan Perwakilan Pengurus AJI Indonesia Labam Abraham Laisila.

Dalam waktu dekat, akan diadakan pemilihan Ketua AJI Kota Persiapan Tanjungpinang.

(Yes)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews