Sirkuit Red Bull Ring: Lintasan Idaman Pebalap Ducati-Honda

Sirkuit Red Bull Ring: Lintasan Idaman Pebalap Ducati-Honda

Sirkuit Red Bull Ring, Austria. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Spielberg - Persaingan para pebalap MotoGP kembali berlanjut. Beberapa hari setelah tampil di Sirkuit Brno, Republik Ceko, seluruh kontestan kini akan berburu poin lagi di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (13/8/2017).

Sirkuit Red Bull Ring dikenal memiliki karakteristik sangat cepat karena hanya memiliki 10 tikungan. Motor-motor yang memiliki power besar, seperti Ducati dan Honda, cocok untuk sirkuit seperti Red Bull Ring ini. 

Sebaliknya, Yamaha kurang nyaman dengan karakteristik Red Bull Ring karena power motor mereka tak sebesar yang dimiliki Desmosedici-nya Ducati. 

Red Bull Ring memiliki lintasan lurus terpanjang yang relatif pendek, hanya 626 meter. Sedangkan panjang sirkuit mencapai 4,3 km. 

Sirkuit Red Bull Ring ini dibangun pada 1969. Sirkuit yang awalnya bernama Osterreichring ini pernah menggelar MotoGP pada musim 1996 dan 1997. Ketika itu, sirkuit masih bernama A1 Ring. Red Bull Ring menggantikan peran Sirkuit Salzburgring yang sudah 22 tahun menggelar balapan MotoGP di Austria. 

Namun, Red Bull Ring hanya dua kali menggelar MotoGP karena Austria tak lagi masuk kalender FIM. Setelah 19 tahun absen, Sirkuit Red Bull Ring akhirnya kembali menggelar MotoGP pada 2016.

MotoGP Austria menggantikan Amerika Serikat yang tak lagi mendapat hak menjadi tuan rumah.

Bagi sebagian besar pembalap yang ada saat ini, lintasan sepanjang 4,3 Km tersebut terbilang cukup asing. Sebab Red Bull Ring baru ditunjuk lagi menjadi tuan rumah sirkus MotoGP sejak tahun lalu. Pada tahun-tahun sebelumnya, Austria tak masuk dalam kalender balap sehingga belum ada catatan menarik dalam sejarah Red Bull Ring.

Pada tahun pertamanya, Alex Criville dari tim Repsol Honda berhasil meraih podium tertinggi. Ia mengalahkan rival beratnya, Mick Doohan dengan selisih waktu 0,5 detik.

Setahun berselang, status juara MotoGP Austria direbut oleh Doohan. Ia tampil gemilang dengan meninggalkan jauh Tadayuki Okada yang finis posisi kedua. Dalam catatan waktu, Dohhan unggul 22,077 detik dari Okada.

Setelah itu tak ada keramaian MotoGP di Austria. Balapan baru digelar lagi 19 tahun kemudian dan Andrea Iannone dari tim Ducati berjaya di momen spesial tersebut.

Iannone finis dengan catatan waktu 39 menit 46.255 detik. Di posisi dua, ada rekan satu timnya yakni Andrea Dovizioso yang berjarak 0,938 detik. Sementara tempat ketiga diamankan pembalap Ducati saat ini, Jorge Lorenzo yang tahun lalu masih berada di bawah bendera Movistar Yamaha. Berkaca dari hasil tersebut, Ducati rasanya pantas diunggulkan dalam lomba akhir pekan nanti.

Daftar pemenang di Sirkuit Red Bull Ring:
2016: Andrea Iannone (Ducati)
1997: Mick Doohan (Honda)
1996: Alex Criville (Honda) 

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews