Bantu UMKM Indonesia, Exabytes Bagikan Domain Gratis

Bantu UMKM Indonesia, Exabytes Bagikan Domain Gratis

Foto : Exabytes.co.id

BATAMNEWS.CO.ID - Exabytes Indonesia memberikan domain gratis sepanjang tahun 2017. Visi misi Exabytes dalam progam ini untuk memajukan industri UMKM Indonesia.

Anggoro Aninditho, Business Development Manager Exabytes Indonesia mengungkapkan bahwa program GROW yang digagas perusahaannya tidak memiliki maksud untuk menyaingi program pemerintah.

Sebab, kata dia, visi misinya sama-sama untuk memajukan industri UMKM Indonesia.

"Kami tegaskan bahwa program GROW bukan didesain untuk menyaingi satu juta domain. Nah memang yang berbeda adalah domain ekstensi yang diberikan. Kalau PANDI hanya .id tetapi kalau GROW menggunakan beberapa domain ekstensi," ujar Anggoro dikutip batamnews.co.id dari CNNIndonesia.com, kamis (20/7).

Menurut Anggoro, GROW tidak hanya memberikan domain gratis dengan ekstensi .id tetapi juga .com atau .net. Dia mengakui cukup jarang menggunakan .id karena khawatir dianggap menyaingi.

"Kita memang agak jarang pakai .id karena takut juga dikira menyaingi PANDI padahal intinya sama kok makanya kita pakai ekstensi lain. Kita juga selalu beri masukkan ke konsumen GROW yang sudah terdaftar bahwa ada info mengenai program sejuta domain PANDI jadi sebenarnya ini simbiosis mutualisme," katanya.

Exabytes menilai bahwa setiap penyedia domain bisa membantu program pemerintah tersebut dengan cara sendiri-sendiri. Cara mengedukasi UKM dan penawaran produk yang diberikan pun juga bisa berbeda meski tujuannya sama.

"Exabytes tetap mendukung program sejuta domain id dan pemerintah. Tapi saya rasa program itu dikembalikan lagi eksekusinya kepada penyedia domain untuk melaksanakannya. Kalau kami melalui program GROW ini," ujarnya menjelaskan.

Sekadar informasi, perusahaan yang baru resmi beroperasi di Indonesia sejak Maret 2017 itu kini telah memiliki 3000 active product, 1000 server yang tersebar di Malaysia, Singapura dan Indonesia serta menjalankan 100 ribu situs di Indonesia.

Basis terbesar pengguan Exabytes hingga saat ini masih di Malaysia di mana perusahaan didirikan. Kendati demikian, Exabytes optimis bisa menjaring ribuan UKM di Indonesia untuk menggerakkan roda ekonomi perusahaan di 2017. Oleh karena itu, perusahaan telah menggunakan server lokal yang berlokasi di Jakarta.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah bekerjasama dengan Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) untuk membagikan satu juta domain berakhiran .id secara gratis sejak 2015.***

Baca artikle menarik lainnya di CNNIndonesia

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews