Rupiah Menguat ke Level Rp 13.315 per USD

Rupiah Menguat ke Level Rp 13.315 per USD

rupiah. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak menguat pada perdagangan pagi ini, Senin (17/7) di level Rp 13.315 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp 13.339 per USD.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, penguatan kurs rupiah berlanjut seiring dengan prospek surplus neraca perdagangan Indonesia yang akan kembali naik.

"Bank Indonesia melihat surplus neraca perdagangan Indonesia pada Juni akan mencapai 1,4 miliar dolar AS," kata Rangga Cipta dikutip batamnews.co.id dari Antara di Jakarta.

Berdasarkan data Bank Indonesia, neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2017 mencatatkan surplus 0,47 miliar USD.

Ia menambahkan, dolar AS juga cenderung melemah terhadap mata uang di kawasan Asia menyusul inflasi produsen Amerika Serikat yang diumumkan melambat. Inflasi Amerika Serikat melambat menjadi ke 1,6 persen pada Juni 2017

"Situasi itu cukup untuk membuat dolar AS kembali turun dalam bersamaan dengan yield obligasi AS," katanya. .

Kendati demikian, kata dia, potensi penguatan rupiah bisa tertahan jika bank sentral Eropa (ECB) kembali menegaskan pengurangan stimulusnya.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menuturkan, The Fed yang tidak akan agresif dalam menaikkan suku bunganya membuat aset berdenominasi mata uang berkembang seperti rupiah mengalami apresiasi.

"Inflasi Amerika Serikat yang melambat memperkuat pandangan bahwa the Fed tidak akan agresif menaikkan suku bunga acuan dalam waktu cepat sehingga berimbas pada kurs rupiah," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews