Group Mitra Tapanuli Batam Tanam Bibit Pohon di Danau Toba

Group Mitra Tapanuli Batam Tanam Bibit Pohon di Danau Toba

Perantau Toba Samosir siap berangkat menuju Danau Toba (foto : Jim/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Group Mitra Tapanuli Kota Batam kembali menggelar Tour dan Travelling to Toba Samosir pada 7 Juli 2017 ini. Group yang beranggotakan Perantau yang berasal dari Toba Samosir akan menggelar serangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah Danau Toba.

Menurut Agus Siswanto Siagian, group ini adalah group memiliki Visi dan Misi yang positif yaitu bagaimana suku Batak yang ada di perantauan Kota Batam bisa berperan aktif berbuat yang terbaik untuk tanah leluhur kita “Tano Batak ”.

Group Mitra Tapanuli yang diisi oleh para Pengusaha, Kontraktor, Anggota DPRD Kota Batam serta tokoh masyarakat Batak di Batam.

Kegiatan Tour & Travelling to Toba Samosir ini sudah kedua kali dilakukan oleh Group Mitra Tapanuli terhitung bulan Juni 2016 dan bulan Juli 2017.

Tercatat kegiatan bulan Juni 2016 tahun lalu Group Mitra Tapanuli ini mengikuti agenda kegiatan tradisi dan pelestarian budaya dengan berpartisipasi berdirinya ‘Rumah Hela di Pangururan’ yang dihadiri oleh Hinca Panjaitan (Sekjen Partai Demokrat).

Peran lainnya Group Mitra Tapanuli juga ikut serta menanam bibit pohon di sekitar pinggiran Danau Toba yang berguna untuk pelestarian lingkungan.

Peran serta Group Mitra Tapanuli yang kedua tepatnya pada tanggal 07 Juli 2017 mendatang melakukan kegiatan tradisi dan budaya “Horja Blus di daerah Tomok“ dan kunjungan ke Rumah Hela Menabur ribuan benih ikan ke danau untuk kepentingan pelestarian Danau Toba (Lake Toba) sekaligus meningkatkan hasil atau pendapatan masyarakat yang tinggal di area danau Toba.

Selain itu, rencananya dilakukan penaburan bibit ikan Mas, ikan Pora-Pora dan ikan Nila ini di Danau Toba khususnya di area pantai Parbaba diharapkan bisa meningkatkan perkembangbiakan jenis ikan yang sudah termasuk langka.

Menurut Ketua Panitia Tour & Travelling to Toba Samosir 2017, lr Tunggul Aritonang mengatakan pelepasan benih ikan tersebut bukan hanya untuk menjaga kelestarian Danau Toba, tetapi juga sebagai upaya menjamin keberlangsungan dan meningkatkan penghasilan nelayan tradisional di sekitar Danau Toba.

Tidak muluk-muluk, yang dilakukan oleh Group Mitra Tapanuli untuk berkarya pada tanah leluhur kita, dengan hal-hal kecil seperti : Menanam Pohon dan Pelepasan benih ikan di kawasan Danau Toba.

Rencananya pada tahun-2018 mendatang melakukan perjalanan (Travelling) kembali ke Danau Toba bersama para sahabat asal Tanah Batak yang tinggal di Batam Singapura & Malaysia, tentunya dengan misi mendukung peran pemerintahan dalam pelestarian lingkungan Danau Toba.

(jim)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews