Pawai Gay Kembali Digelar di Singapura

Pawai Gay Kembali Digelar di Singapura

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Singapura - Ribuan warga Singapura mengenakan baju pink memenuhi taman kota Hong Lim untuk mendukung kaum gay. Kegiatan ini dilakukan dalam pengamanan ketat karena pemerintah melarang keikutsertaan warga asing.

Seperti dilansir BBC, Minggu, 2 Juli 2017, unjuk rasa itu digelar pada Sabtu lalu dengan tajuk "Singapores Pink Dot".

Para peserta harus menunjukkan kartu identitas untuk membuktikan mereka adalah warga negara atau permanent resident Singapura sebelum diizinkan ikut acara.

"Meski acara ini sangat dibatasi, kami yakin Singapura akan menjadi tempat yang setara bagi semuanya,” kata Paerin Choa, juru bicara panitia penyelenggara parade gay.

Larangan tak hanya ditujukan bagi warga asing. Perusahaan besar macam Google dan Goldman Sachs yang selama ini turut mendanai parade gay di Singapura, tahun ini tak boleh menjadi sponsor. Sebagai gantinya, sekitar 100 perusahaan lokal menyediakan diri menjadi sponsor parade.

Sejumlah pasangan gay dari lintas negara pun memilih untuk mendukung dari luar. Seperti yang dilakukan Kian, warga Singapura dan pasangannya Martin asal Jerman. Karena hanya Kian yang diperbolehkan masuk ke lokasi, pasangan ini memilih berada di luar.

"Acara ini tentang anti-diskriminasi. Tapi karena aturan, panitia tidak memperbolehkan warga asing turut serta, saya rasa ini bodoh,” ujar Martin.

Meski menghadapi pembatasan, panitia penyelanggara menyebut dalam aksi kemarin sedikitnya 20 ribu orang datang untuk memberikan dukungan.

Acara serupa pertama kali diadakan pada 2009. Kini mereka mempromosikan "bebas mencintai" atau "freedom to love". Aksi ini mendapatkan penentangan dari pihak konservatif di Singapura.

Berdasarkan undang-undang era kolonial Inggris, seks sejenis secara teknis termasuk tindak kriminal di Singapura. Dukungan untuk gay telah berkembang akhir-akhir ini, didorong perubahan norma sosial di antara generasi muda dan arus turis serta ekspatriat.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews