Cara Baru Kalangan Elite Pamer Kekayaan

Cara Baru Kalangan Elite Pamer Kekayaan

Belanja pendidikan kalangan elite di AS naik dibandingkan uang yang dikeluarkan oleh kelas menengah. (Foto: Getty Images via bbc.com/indonesia)

BATAMNEWS.CO.ID - Perkembangan zaman membawa perubahan perilaku, termasuk polah tingkah orang-orang kaya dalam memamerkan kekayaannya.

Pada 1899 ekonom Thorstein Veblen mengamati bahwa sendok perak dan korset adalah simbol status sosial di masyarakat. Hanya kalangan elite yang bisa memiliki sendok perak dan korset tersebut.

Dalam bukunya yang terkenal, The Theory of the Leisure Class, ia melahirkan istilah 'conspicuous consumption' atau 'konsumsi yang mencolok' untuk menggambarkan bagaimana benda atau barang dipamerkan untuk menunjukkan status dan posisi sosial.

Lebih dari 100 tahun kemudian, 'konsumsi yang mencolok' masih menjadi bagian dari lanskap kapitalis kontemporer.

Tapi ada pergeseran. Barang-barang mewah -yang tadinya hanya identik dengan kalangan atas di masyarakat- kini makin mudah diakses didorong oleh biaya produksi yang makin murah, yang pada gilirannya membuat barang-barang berkualitas tinggi menjadi makin terjangkau harganya.

'Demokratisasi' barang-barang konsumen membuat produk yang tadinya barang mewah kini dianggap barang yang lumrah. Ini bisa dilihat dengan televisi layar lebar berukuran besar. Di negara-negara Barat televisi jenis ini ditemui di hampir semua rumah tangga. Contoh lain adalah tas tangan.

Kalau sekarang banyak orang yang bisa membeli tas tangan merek terkenal atau mobil baru, bagaimana kelas super kaya menunjukkan kekayaan mereka?

Jawaban paling mudah adalah membelanjakan uang untuk membeli kapar pesiar, mobil Bentley atau rumah besar lengkap dengan pagar otomatis.

Di luar kapal, mobil dan rumah besar, yang makin terasa adalah bagaimana kaum elite ini, biasa disebut juga sebagai 'kelas aspirasional', memfokuskan pada layanan dan investasi pendidikan. ***

Selengkapnya klik tautan dari BBC.com/indonesia

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews