Bea Cukai Gunakan Aplikasi Pengiriman Barang ke Batam

Bea Cukai Gunakan Aplikasi Pengiriman Barang ke Batam

Kepala BC Batam Noegroho saat menggelar konferensi pers terkait hasil tangkapan (Foto: Edo/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bea Cukai kini menggunakan aplikasi pengiriman barang. Aplikasi ini dinilai bisa mengurangi kecurangan dalam pengiriman.

Selain itu, kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Batam, Noegroho Wahyu Widodo, juga mempermudah pengawasan.

"Aplikasi ini gunanya untuk mempermudah pengawasan dalam pengiriman barang, misalnya pengiriman rokok dari Jawa ke Batam," kata Noegroho di Kantor Bea dan Cukai Batam, Selasa (20/6/2017).

Noegroho menjelaskan, jika nantinya ada pengiriman cukai (rokok) dari Jawa (Kudus), ada didaftarkan melalui aplikasi tersebut, dan Batam yang menjadi tujuan pengiriman akan mendapat informasi.

Setelah barang tersebut dikirim, selama dalam perjalanan, kendaraan yang membawa akan diberi monor kode dan mendapat alert di setiap kantor-kantor yang dilewatinya.

"Nanti kita dapat info, pengiriman menggunakan apa, barangnya misalnya rokok mereknya apa. Dan setiap kantor yang dilewati akan diberi alert. Jadi barang-barang yang tidak diberitahukan akan langsung kita tindak," ujar Noegroho.

Selain itu, aplikasi juga memanfaatkan perkembangan teknologi saat sekarang ini, dan mempermudah kerja dalam pengawasan.

"Sebelumnya, hanya menggunakan dokumen yang bisa di foto copy, sekarang kita sudah memakai scan dengan barcode, tidak bisa di tipu," ujar Noeg.***

(edo)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews