Sebelum Kapal Berlayar, Polisi Periksa Urin Kapten Kapal dan 20 ABK di Sekupang

Sebelum Kapal Berlayar, Polisi Periksa Urin Kapten Kapal dan 20 ABK di Sekupang

Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian, dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Pelabuhan Sekupang, Batam. (Foto: margaretha nainggolan/batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam – Aparat kepolisian dari Satuan Narkoba Kepolisian Resort Kota Barelang kemarin memeriksa kesehatan 20 awak kapal, termasuk kapten kapal. "Ini test urine. Apakah mereka terlibat narkoba atau tidak,. " kata Kepala Polda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian di Pelabuhan Sekupang, Senin (19/6/2017).

Hasilnya sangat menggembirakan. "Semuanya negatif, " kata Kapolda. Pemeriksaan ini dianggap sangat penting. Sebab dalam suasana mudik kapal akan mengangkut penumpang puluhan ribu orang. Sehingga angkutan laut bisa berlayar dengan nyaman melayani penumpang yang mudik. "Sehingga penumpang bisa mudik dengan tenang," kata Kapolda.

Pemeriksa urine para awak kapal itu adalah bagian dari pemeriksaan total kapal dan pelabuhan yang melayani warga yang mudik. Pemeriksaannya antara lain termasuk fasilitas di pelabuhan domestik Sekupang untuk mengangkut para pemudik lebaran

Bahkan saat pemeriksaan itu, bersama Kapolda ada juga ada Gubernur Kepri Gubernur Kepri Nurddin Basirun, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, dan Walikota Batam Muhammad Rudi. Mereka didamping personel masing-masing yang terkait dengan pelayanan penumpang kapal.

"Kita memastikan kesiapan pemerintah dalam hal ini jasa pelabuhan pelabuhan dan pelayaran melakukan pelayanan semaksimal mungkin menjelang mudik lebaran nanti," kata Kapolda Kepri  Irjenpol Sam Budigusdian, Senin (19/6/2017).

Rombongan juga memeriksa kesiapan dari segi kapasitas penumpang dan segi keamanan. "Kita lihat juga apakah kapal tersebut membawa penumpang diatas kapasitas, kemudian juga memeriksa segi keamanan," katanya.

Pemeriksaan dilakukan secara cepat, jangan sampai menghambat pelayaran. Rombongan juga memeriksa pelabuhan rakyat Sekupang, Belakang Padang.***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews