Bahaya! Ini Alasan Saat Parkir Mobil Ban Harus Lurus

Bahaya! Ini Alasan Saat Parkir Mobil Ban Harus Lurus

Jangan parkir dengan ban menyerong atau berbelok (Foto : Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID - Sebagian pemilik kendaraan terkadang saat memarkirkan mobil posisi ban dalam keadaan menyerok atau tak lurus, ini cukup berbahaya.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) mengatakan bahwa pemilik mobil harus melihat dari dua sisi, yaitu sisi keselamatan dan sisi ekonomis ketika memarkir kendaraan.

"Paling utama sisi keselamatan, terlebih bagi pemilik mobil Jip atau SUV dengan diameter velg tinggi, dan ban yang besar. Sehingga yang terjadi, ada ruang yang terbuka ketika mereka melakukan parkir yang sedemikian rupa," kata Jusri dilansir Liputan6.com, Jumat (16/6/2017).

Dengan ada ruang di sekitar roda mobil, kata Jusri, bisa saja ada anak kecil di sekitar lokasi parkir yang bermain dan masuk di celah-celah ban.

"Ketika parkir di area privasi, seperti garasi rumah, bisa saja anak, keponakan, atau keluarga yang lain masuk ke celah-celah ban dan itu sangat berbahaya sekali," ujarnya.

Kemudian dari sisi ekonomisnya, ia melanjutkan, pasti akan berpengaruh kepada umur pemakaian komponen, karena tidak memarkir dengan posisi ban yang sama sisi alias lurus.

"Ada komponen yang pasti umur pemakaiannya pendek, karena posisi parkir dengan ban yang tidak lurus, " kata dia.

Ia mengingatkan kepada pengendara untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika memarkir kendaraan, sebelum jalan. Kata Jusri, pengemudi harus mengelilingi seluruh area kendaraan.

Hal tersebut, kata dia, untuk memastikan kondisi yang aman di sekitar mobil dan di kolong mobil sebelum jalan kembali.

"Setelah berkeliling, dan saat sudah di dalam mobil lihat lagi spion untuk memastikan kondisi sekitar kendaraan. Setelah itu, klakson dan tunggu dua detik untuk memberikan kesempatan kepada objek yang tidak terlihat agar menjauh sebelum kita jalan," ujar Jusri.***

Baca artikel menarik lainnya di Liputan6.com

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews