Semarak Ramadhan 2017

Bupati Hamid Terkejut Budaya Muhibah Ramadhan di Pulau Tiga

Bupati Hamid Terkejut Budaya Muhibah Ramadhan di Pulau Tiga

Bupati Natuna, Hamid Rizal melakukan kegiatan Safari Ramadhan di Mesjid Al Bayyan, Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Rabu (14/6/2017). (Foto: Ist/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Safari Ramadhan dilakukan Bupati Natuna, Hamid Rizal di Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Rabu (14/6/2017) malam.

Ternyata masyarakat setempat juga punya kebiasaan sama layaknya safari ramadhan. Mereka menyebutnya muhibah ramadhan.

Kedatangan bupati sore itu menggunakan transportasi kapal ferry milik Pemda dengan menempuh perjalanan selama 20 menit. 

Kegiatan safari digelar di Mesjid Al-Bayyan. Para jemaah mesjid menyambut hangat kedatangan bupati dan rombongan.

Kegiatan dimulai dengan buka puasa bersama, dilanjutkan shalat magrib, isya dan tarawih berjamaah.

Kepala Desa Sabang Mawang, Hambari mengatakan, seluruh masyarakat Kecamatan Pulau Tiga berterima kasih kepada bupati yang telah menyempatkan waktunya untuk bersilaturahmi.

Apalagi masyarakat setempat juga kerap menggelar kegiatan muhibah menyambangi masing-masing desa di saat Ramadhan, semacam safari Ramadhan.

"Kami warga Pulau Tiga telah rutin mengadakan muhibah ramadhan, yang telah dilaksanakan selama 15 hari awal ramadhan. Kegiatan ini merupakan turun temurun dari orang tua zaman terdahulu semenjak Pulau Tiga hanya terdiri dari satu desa. Sampai sekarang kegiatan ini terus kami laksanakan," Ucap Hambari.

Perwakilan dari rombongan muhibah ramadhan warga Pulau Tiga, yakni Zurdi, mengatakan seluruh kafilah di Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Tiga Barat hadir di acara muhibah ini.

"Para kafilah tergabung dari 15 masjid dan surau. Hampir 100 orang kafilah muhibah ramadhan yg hadir pada setiap kegiatan," kata kafilah asal Desa Tanjung Batang ini.

Camat Pulau Tiga, Abdul Karim mengatakan, muhibah ramadhan secara tidak langsung menjadi suatu pendidikan sikap dan akhlak. "Oleh oang-orang terdahulu diajarkan ke generasi sekarang ini, untuk di lanjutkan di tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.

Bupati Natuna, Hamid Rizal mengapresiasi muhibah ramadhan yg dilakukan warga Pulau Tiga. 

"Saya rasa menjadi budaya yg bagus sekali. Walaupun sudah di bagi dua kecamatan, namun warga tetap akur dan damai. Ini yang saya apresiasikan karna tetap kompak dalam hal apapun," ujar Hamid.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan kepada anak yatim sekaligus penyerahan zakat oleh Baznas. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama oleh ketua baznas, Ibrahim Ya'qub.

Ikut dalam rombongan safari ramadhan ini, Sekda Natuna, Wan Siswandi, Ketua PKK Natuna Nurhayati berserta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), anggota DPRD Natuna dan tokoh masyarakat lainnya.***

(fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews