Hindari 3 Kebiasaan Buruk Ini Saat Puasa

Hindari 3 Kebiasaan Buruk Ini Saat Puasa

Illustrasi berbuka puasa (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan sebagian orang kala berbuka dan waktu sahur. Kebiasaan ini tanpa disadari berdampak buruk terhadap kesehatan.

Mengutip laman Liputan6.com, konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Jakarta, Dr. dr. Ari Fahrial Syam mengungkapkan tiga kebisaan buruk itu di antaranya.

1. Balas dendam saat berbuka puasa

Makan berlebihan saat berbuka dengan pikiran menggandakan porsi makan siang dan malam sekaligus harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko masalah lambung. Ari, dalam siaran persnya, menyarankan untuk menyantap makanan dalam porsi sedang saat berbuka puasa.

Misalnya dimulai dengan makanan ringan dalam porsi kecil, lalu menunggu hingga setelah salat Magrib sebelum melanjutkan dengan makanan utama.

Selain itu, biasakan diri untuk berhenti makan dua jam sebelum tidur agar pencernaan bisa bekerja optimal.

2. Berbuka puasa dengan merokok

Kebiasaan ini juga meningkatkan risiko terjadinya masalah pada lambung seperti dispepsia, terutama jika Anda sebelumnya mempunyai penyakit maag.

3. Langsung tidur setelah sahur

Ari mengatakan kebiasaan ini dapat menyebabkan asam lambung balik arah kembali ke kerongkongan yang mengakibatkan muncul masalah pada saluran cerna atas.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews