Urin Berbusa? Ketahui 7 Penyebabnya

Urin Berbusa? Ketahui 7 Penyebabnya

Illustrasi (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Saat buang air kecil, jika airnya bersih berarti kesehatan kita baik-baik saja. Tapi jika air seni memiliki warna gelap, berbau dan ada banyak busa di dalamnya, maka itu indikasi kesehatan bermasalah.

Sebenarnya air seni berbusa itu ada banyak penyebabnya dan bisa terjadi kapan saja. 

Bisa saja air seni berbusa karena kita kencing dengan kuat. Namun jika busa itu muncul setiap kali kita selesai buang air kecil, maka kita sebaiknya mulai waspada.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa air kencing bisa berbusa.

Dehidrasi

Air kencing berbusa juga bisa karena dehidrasi. Bila Anda mengalami dehidrasi, urin cenderung mengandung protein dan beberapa bahan kimia dalam proporsi yang lebih tinggi. Untuk mengatasinya, minum banyak air.

Kehamilan

Air kencing berbusa sering terjadi selama kehamilan. Selama kehamilan, ginjal harus bekerja ekstra keras dan kadang protein bisa bocor ke dalam air kencing sehingga menyebabkan busa.

Stres

Saat cemas atau stres, urin cenderung berbusa atau berbuih. Alasannya karena adanya albumin, yaitu protein dalam urin. Saat ginjal mengalami stres, protein bisa bocor ke dalam urin. 

Diabetes

Bahkan diabetes bisa mempengaruhi ginjal dan menyebabkan urin berbusa. Karena itu kadar gula darah terlalu tinggi buruk bagi ginjal.

Proteinuria

Jika kadar protein dalam urin terlalu tinggi, kondisi itu dikenal sebagai proteinuria. Bila ginjal tidak mampu menyaring protein dengan baik, lebih baik berkonsultasi ke dokter.

Infeksi Saluran Kemih

Bila bakteri menginfeksi saluran kemih, bisa juga menyebabkan urin berbusa. Bahkan ISK pun bisa menyebabkan kebocoran protein ke dalam urin. 

Masalah Jantung

Urin berbusa juga bisa karena gejala masalah pada jantung. Tingkat protein yang tinggi pada air kencing juga terkait dengan masalah seperti stroke.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews