Sambut Ramadhan 1438 H, Pawai Obor Terangi Daik Lingga

Sambut Ramadhan 1438 H, Pawai Obor Terangi Daik Lingga

Peserta Pawai Obor di Daik Lingga (foto : Ruzi/Batamnews)

CUACA sedikit mendung, awan hitam tampak menyelemuti waktu senja di Daik Lingga. Hingga matahari terbenam di upuk barat, hujan pun tak kunjung membasahi jalan.

Malam ini, Rabu (24/5/2017) warga Daik Lingga akan melaksanakan pawai obor bersama, pertanda menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijriah.

Ruas jalan di Kota Daik yang semula terlihat begitu sepi, kini diterangi sinaran lampu kendaraan roda dua yang menerangi setiap sudut kota. Terutama di daerah menuju Lapangan Krida di Kampung Tanda.

Tak berselang lama, tampak petugas dari Kepolisan dan Dinas Perhubungan berseragam lengkap sibuk mengatur arus lalu lintas yang mulai padat.

Suara hiruk pikuk kendaraan pecah setelah dentuman suara kembang api menyapu lamunan mata. Ternyata, letusan warna warni menuju ke langit tersebut pertanda dimulainya pawai obor di Negeri Bunda Tanah Melayu itu.

Diiringi mobil patroli Polsek Daik, para peserta pawai obor yang diikuti mulai dari pelajar TK, SD, SMP, MTS, SMA, SMK, MA dan bahkan warga Daik Lingga itu sendiri, dengan pakaian baju kurung Melayu tak lepas di badan.

Hampir mencapai seribu peserta mengikuti pawai obor atau lebih populer masyarakat Melayu Daik menyebutnya lampu colok tersebut membuat ruas jalan menjadi terang benderang.

Ditambah lagi, senyuman manis para peserta terpancar dibawah sinaran lampu yang berasal dari minyak tanah di dalam bambu tersebut.

Mengelililingi sejumlah ruas jalan, sejumlah warga yang tidak mengikuti pawai juga menyempatkan diri menyaksikan pelaksanaan pawai di depan rumah serta pinggiran jalan yang dilalui peserta.

Usai pelaksanaan haul jamak, kini pawai obor dan tinggal satu lagi hal yang tidak ketinggalan ketika menyambut ramadhan di Daik Lingga yakni ziarah makam yang dilakukan sehari sebelum puasa.

Ruzi - Lingga 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews