Pansus Wagub DPRD Kepri Akan Belajar ke Riau?

Pansus Wagub DPRD Kepri Akan Belajar ke Riau?

Anggota DPR Provinsi Kepuluan Riaun, Onward Siahaan. (Foto: YouTube/Kilas 7 TV Batam)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Menggodok soal kekosongan kursi wakil gubernur di Kepulauan Riau (Kepri), Tim Pansus Wagub DPRD Kepri akan kunjungan kerja ke Riau.

Pansus Wagub akan melihat apakah sama permasalahan yang terjadi di Provinsi Kepri dengan Provinsi Riau. Kursi wagub di Riau kosong setelah pejabatnya, Arsyadjuliandi Rachman, naik menjadi gubernur disebabkan Anas Makmun, tertangkap tangan KPK di Jakarta pada 2014.

Kemudian jabatan yang hanya dinikmatinya selama enam bulan terpaksa beralih ke tangan wakilnya, Arsyadjuliandi. Lalu DPRD RIau memilih wakilnya. Mereka membuat Pansus Wagub sehingga terpilihlah Wan Thamrin Hasyim.

Sedangkan di Kepri, kekosongan kursi wagub ini sudah berlangsung sejak hampir setahun lalu setelah Gubernur Muhammad Sani meninggal dunia.

Jabatannya beralih ke Nurdin Basirun, maka kosonglah kursi wakil gubernur. Kini DPRD Kepri sudah membentuk Pansus Wagub yang diketuai oleh Surya Makmur Nasution.

Melihat pengalaman Riau, Pansus Wagub Kepri akan belajar ke sana.  "Kita lihat tatip (tata tertip) mereka seperti apa, kita akan berdiskusi dengan mereka, sebab mereka telah melaksanakan beberapa waktu " kata salah satu anggota Pansus Wagub, Onward Siahaan yang adalah anggota Komisi I DPRD Kepri.

Ia menjelaskan Pansus Wagub ini memiliki 30 hari masa kerja. "Kami akan menyiapkan tatip serta berkoordinasi dengan kemendargri (kementerian dalam negeri) untuk mensinkronisasi aturan pemilihan yang di masukkan dalam tatip," katanya.

"Kan banyak aturan serta makanismenya itu,"  kata Onward.***

Laporan: Afriadi - Tanjungpinang


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews