Wapres Jusuf Kalla Bicara Soal Banyaknya Pengusaha Keturunan China

 Wapres Jusuf Kalla Bicara Soal Banyaknya Pengusaha Keturunan China

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyentil isu perihal banyaknya pengusaha keturunan China di Indonesia. Menurut Kalla, ada beberapa alasan jumlah pengusaha keturunan China terus bertambah.

Hal tersebut disampaikan saat penutupan Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) 2017.

"Sederhana sekali, mereka punya tolok ukur yang diterapkan ke keluarganya," ujar Kalla saat menutup kongres tersebut di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (24/4/2017).

Kalla menjelaskan, yang dimaksud dengan tolok ukur adalah pengusaha keturunan China kerap meminta anggota keluarganya mengikuti usaha yang telah dijalani. Bahkan, kalau perlu, mengembangkannya. Sebagai gambaran, jika seorang pengusaha punya anak lima, kelimanya akan dimotivasi untuk menjadi pengusaha juga atau melanjutkan usaha keluarga.

"Misalnya punya toko, anaknya diminta bikin toko yang lain. Anak-anaknya buka toko lagi. Jadinya berkembang (usahanya)," ucapnya.

Selain itu, keturunan China akhirnya menjadi pengusaha karena sulit bekerja di pemerintahan dan militer.

"Mungkin Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) saja yang beda. Ia menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dulu enggak ada yang bisa seperti itu," ujarnya.

Nah, hal yang dialami warga keturunan China itu kontras dengan keluarga non-keturunan. Setahu Kalla, kebanyakan keluarga non-keturunan China memperbolehkan anaknya menjadi apa pun. Hasilnya, dalam satu keluarga dengan banyak anak, pasti ada yang mau menjadi tentara atau pegawai negeri sipil.

"Jadinya enggak tambah-tambah pengusahanya. Kadang lanjut usahanya, kadang tidak lanjut juga. Misalnya punya toko, ya toko itu aja. Kalau pengusaha Tionghoa, bikin toko lain," ucapnya.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews