Jelang Race MotoGP Austin 2017

Rossi dan Vinales Terlibat Adu Mulut

Rossi dan Vinales Terlibat Adu Mulut

Pebalap Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi sempat terlibat adu mulut. Kedua lalu kembali kompak. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Austin – Ada kejadian saat sesi kualifikasi MotoGP Amerika yang melibatkan dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Saat sesi tersebut berlangsung, keduanya hampir saja terlibat insiden tabrakan.

Kejadian itu bermula saat Vinales sedang melaju kencang dan masuk ke tikungan 19. Dia pun berusaha untuk membelokkan kendaraannya.

Sayangnya, di saat yang sama, Rossi yang berada di depannya tak melihat jika pembalap asal Spanyol itu berusaha mendahuluinya. Pembalap 38 tahun malah melambatkan laju motornya dan hampir saja membuat mereka bertabrakan.

Usai melewati insiden tersebut, Rossi dan Vinales sempat adu mulut. Keduanya pun akhirnya menjelaskan seperti apa sebenarnya kejadian yang menimpa mereka.

"Ya, itu adalah sesuatu yang mungkin terjadi di lintasan. Saya sedang dalam kondisi yang bagus, sayangnya Rossi tak melihat saya. Sangat sulit untuk memahami situasi tersebut. Tetapi, itu terjadi dan itu normal," ujar Vinales seperti dikutip Crash.

"Kejadian itu bisa terjadi dengan Rossi atau pebalap lainnya, karena ketika Anda sedang dalam performa yang bagus pasti Anda berusaha untuk segera menyelesaikannya," sambungnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh The Doctor. Dia mengaku sama sekali tak tahu apa yang terjadi.

"Sejujurnya, saya tak melihat apa pun dan saya tak memiliki waktu untuk melihatnya. Kami tak bersentuhan karena saya tak merasakan apa-apa. Tetapi, setelah memasuki garis finis, saya melihat Vinales mengatakan sesuatu kepada saya dan saya berpikir, apa yang sebenarnya terjadi?," kata Rossi.

Untungnya, kedua pebalap tersebut mampu memulai balapan dari posisi depan. Vinales berada di posisi kedua, sedangkan Rossi berada satu strip di belakangnya.

Marquez Pole

Marc Marquez berpeluang merebut kemenangan pertamanya di MotoGP musim ini. Pembalap Repsol Hondal asal Spanyol itu bisa menjegal Maverick Vinales dengan menjuarai GP Austin.

Untuk pertama kalinya sejak berkarir di MotoGP mulai 2013, Marquez gagal menang di dua seri pertamanya. Saat race pembuka di Qatar, rider berusia 24 tahun itu ada di urutan empat.  Lalu, ketika balapan di GP Argentina, dia gagal finish.
      
Tapi, catatan buruk Marquez berpotensi berakhir saat adu cepat di Circuit of the Americas, Austin. Jawara dunia musim 2016 itu punya kans meraih angka penuh karena merebut pole position setelah mencatat waktu 2:2,741detik.

Sedangkan Vinales yang memimpin klasemen sementara dengan 50 angka harus melaju dari posisi kedua karena lebih lambat 0,130 detik. Lalu, rekan setimnya, Valentino Rossi berada di posisi ketiga. Ini keenam kalinya secara beruntun The Doctor gagal jadi pole seater.

Sementara itu Dani Pedrosa mesti rela memacu kuda besinya di belakang Rossi. Hal yang mengejutkan adalah Jorge Lorenzo. Meski top speednya mencapai 342 km/h, jagoan Ducati berpaspor Spanyol itu tercecer di posisi enam.

Setidaknya Lorenzo masih lebih beruntung. Soalnya, dua kompatriotnya yakni Pol Espargaro dan Aleix Espargaro terdampar posisi 21 dan 22.

Sukses menguasai sesi kualifikasi jadi keuntungan besar bagi Marquez. Ini bisa membantu misinya menjaga dominasi di GP Austin. Pasalnya, dia terus jadi yang tercepat di lintasan sepanjang 5,513 km itu selama empat musim berturut-turut.

Hasil kualifikasi

1.    Marc Marquez           Spanyol        Repsol Honda            2:2,741 detik    
2.    Maverick Vinales      Spanyol        Movistar Yamaha        2:2,871 detik     
3.    Valentino Rossi        Italia              Movistar Yamaha        2:3,673 detik
4.    Dani Pedrosa           Spanyol        Repsol Honda             2:3,866 detik
5.    Johann Zarco            Prancis        Monster Yamaha         2:3,928 detik     
6.    Jorge Lorenzo           Spanyol        Ducati                            2:4,151 detik     
7.    Andrea Dovizioso      Italia             Ducati                            2:4,431 detik
8.    Jonas Folger             Jerman        Monster Yamaha          2:4,623 detik
9.    Cal Crutchlow            Inggris         LCR Honda                   2:4,661 detik
10.  Scott Redding           Inggris         Octo Pramac Racing     2:4,673 detik

(ind)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews